Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2023, 16:13 WIB
Yuharrani Aisyah

Penulis

KOMPAS.com - Menyantap makanan yang mengandung banyak lemak dapat menyebabkan gangguan pencernaan seperti naiknya asam lambung, buang air besar (BAB) tidak lancar, dan kembung.

Selain makan opor ayam dan rendang selama Lebaran, sebaiknya imbangi juga dengan konsumsi buah yang dapat melancarkan saluran pencernaan.

Simak enam buah yang dapat melancarkan pencernaan mengutip Food.ndtv.com dan Healthline berikut.

Baca juga:

1. Pisang

Pisang mengandung serat yang tinggi sehingga membantu melancarkan pergerakan usus. Hal itu bakal mempercepat pencernaan.

Pisang juga dapat melindungi lambung dan menghilangkan bakteri penyebab tukak lambung karena memiliki efek anatasid.

Antasid pada pisang juga baik untuk meredakan mulas.

2. Pepaya

Buah pepaya mengandung enzim papain yang dapat melancarkan pencernaan. Hal itu dapat membantu selama melancarkaan pencernaan dan bisa memecah serat protein.

Papain juga dapat meredakan gejala sindrom iritasi usus besar seperti sembelit dan kembung.

3. Jambu biji

Jambu biji adalah salah satu makanan dengan serat tinggi. Satu buah jambu biji dapat memenuhi 12 persen dari asupan serat harian yang direkomendasikan.

Hal itu membuat jambu biji sangat bermanfaat untuk kesehataan pencernaan.

Biji jambu biji juga dapat berfungsi sebagai pencahar alias pelancar buang air besar. Kamu dapat menghaluskannya bersama dengan daging jambu biji menggunakan blender atau mengonsumsi bijinya secara utuh.

ilustrasi mangga irwin berwarna merah keunguan. shutterstock/Jose Luis Samayoa ilustrasi mangga irwin berwarna merah keunguan.

4. Mangga

Mangga mengandung enzim yang membantu pemecahan dan pencernaan protein serta serat. Tak pelak, buah ini dapat membuat saluran pencernaan lebih lancar.

Mengonsumsi mangga dalam jangka panjang dan takaran yang tepat juga mampu menurunkan risiko terkena kanker usus besar, jantung, dan diabetes tipe 2.

5. Apel

Apel bisa meredakan masalah pencernaan seperti sembelit dan diare karena mengandung serat pektin yang tinggi.

Pektin bisa melancarkan pencernaan karena sifatnya larut dan mampu mengikat kolesterol atau racun dalam tubuh serta menghilangkannya dari dalam tubuh.

Makan camilan tengah malam tanpa takut gemuk.iStockphoto/baona Makan camilan tengah malam tanpa takut gemuk.

6. Kiwi

Kiwi mengandung enzim aktinidain yang dapat meningkatkan pencernaan protein. Buah ini juga dikenal mempunyai efek pencahar ringan karena kandungan seratnya tinggi.

Dua buah kiwi dapat memenuhi 20 persen kebutuhan serat harian yang direkomendasikan. Hal itu membuat kiwi memperlancar kesehatan usus besar.

Baca juga:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com