Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Hangatkan Sisa Opor Kembali agar Tetap Enak

Kompas.com - 23/04/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ada beberapa cara praktis untuk memanaskannya kembali. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan memindahkan opor ayam ke dalam wajan, menambahkan sedikit air, dan memanaskannya dengan api sedang sambil diaduk.

Jika ingin kuah lebih kental, kamu bisa mengikuti tips membuatnya berikut ini. Bikin opor ayam buatanmu masih enak walau sudah disimpan beberapa hari.

Baca juga:

1. Simpan isian dan kuahnya

Dilansir dari laman Kompas.com yang tayang pada Selasa (04/05/2021), Travelling Chef Wira Hardiansyah menyarankan untuk menyimpan ayam dan kuah opor dalam wadah terpisah untuk menjaga kesegarannya.

2. Keluarkan opor yang disimpan dalam kulkas

Cara panaskan opor yang pertama adalah dengan tidak memanaskan opor saat baru keluar dari kulkas atau freezer. Letakkan dulu opor ayam di suhu ruangan hingga opor tidak terlalu dingin.

3. Tuang opor ke dalam panci

Atur api kompor kecil yang stabil di waktu pertama memanaskan opor ayam. Hal ini untuk mencegah santan pecah dan ayam masih dalam keadaan dingin.

4. Tambahkan dengan santan

Kamu bisa menambahkan santan agar cita rasanya lebih gurih. Selain itu, penambahan santan juga bisa membuat kuah menjadi lebih banyak.

5. Tambahkan dengan bumbu

Kamu bisa menambahkan sisa opor dengan bumbu seperti penggunaan serai, daun salam, dan lengkuas untuk memperkuat aroma yang nikmat.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com