Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Dungeness Crab, Bahan Masakan di Pressure Test MasterChef?

Kompas.com - 20/03/2023, 09:10 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pressure test terakhir di MasterChef Indonesia season 10 mengharuskan dua peserta mengolah dungeness crab, Minggu (19/3/2023).

Menurut koki Renatta Moeloek, dungeness crab memiliki tekstur yang lembut dan rasa manis natural. Jenis seafood ini terasa enak diolah dengan metode memasak apa saja.

Dungeness crab berasal dari Pacific Northwest, Amerika Serikat dan biasa ditangkap selama musim dingin, seperti dilansir The Spruce Eats.

Satu ekor dungeness crab memiliki berat rata-rata hampir satu kilogram. Dagingnya tebal dan lebih banyak dibandingkan dengan jenis kepiting lainnya.

Hal itu berbanding lurus dengan harga jualnya yang dianggap mahal. Dungeness crab yang baru ditangkap dijual seharga 20-50 dollar AS setara Rp 300.000 - Rp 800.000 per ekor.

Ketiga juri MasterChef Indonesia, Arnold Poernomo, Renatta Moeloek, dan Juna Rorimpande, dungeness crab bisa dijadikan hidangan ala Barat maupun sajian Indonesia.

Baca juga:

ilustrasi dungeness crab.SHUTTERSTOCK/Bochkarev Photography ilustrasi dungeness crab.

Kepiting jenis ini bisa dikukus, dijadikan salad, hingga dibuat kaldu. Cara memasak dungeness crab paling mudah adalah dengan mengukus atau merebusnya.

Masih dari sumber yang sama, dungeness crab bisa dimasukkan ke dalam air mendidih dan dibiarkan masak selama 15 menit. Setelahnya, rendam kepiting di dalam air es dan sajikan.

Durasi yang sama juga berlaku untuk metode kukus. Daging kepiting bisa dijadikan campuran pasta, saus, ataupun sup. 

Dungeness crab biasanya tersedia di pasar ikan di luar negeri. Kepiting ini dijual dalam kondisi hidup sehingga tidak sulit untuk memilihnya.

Namun, jika dijual dalam kondisi matang, kamu bisa memilih dungeness crab dengan ukuran berat dan kaki meringkuk ke arah bawah. Hindari membeli kepiting matang dalam keadaan kaki menggantung.

Daging dungeness crab yang memiliki rasa ringan, manis, dan tekstur empuk berair. bisa disimpan di tempat sejk dan lembap.

Olahan daging kepiting bisa disimpan hingga tiga hari di kulkas dalam wadah kedap udara.

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com