Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Ikan Black Cod Alaska di MasterChef dan Mengapa Harganya Mahal?

Kompas.com - 12/03/2023, 18:26 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berbagai seafood alaska dihadirkan di MasterChef Indonesia season 10 dalam episode terbaru, Minggu (12/3/2023).

Salah satu seafood yang harus diolah adalah ikan black cod. Chef Degan Septoadji memperagakan cara filet ikan ini di depan empat besar peserta MasterChef Indonesia.

Ikan black cod tidak mudah ditemukan di Indonesia. Degan mengatakan, ikan ini biasanya diimpor dalam keadaan bersih tanpa kepala.

Meski disebut ikan "black", kulit ikan black cod terlihat berwarna abu-abu. Menurut Degan, pengambilan nama ikan ini berasal dari warna ikannya ketika hidrup di perairan laut dalam.

"Kira-kira hidup di 200-300 meter perairan laut dalam, deep sea fish. Makanya kalau di dalam laut warnanya hitam, dagingnya sangat putih," kata Degan.

Tekstur ikan black cod sangat lembut sehingga memerlukan kehati-hatian saat memasaknya. Tidak boleh terlalu lama karena bisa jadi overcooked.

Degan menyarankan, sajian ikan black cod sebaiknya dihidangkan bersama sayuran dan saus berwarna kontras agar penampilannya semakin menarik.

"Untuk pengolahan ikan ini, menurut saya paling cocok untuk di pan seared, panggang, atau kukus karena warnanya sangat bagus," ujar Degan.

Saking lembutnya tekstur ikan black cod, jenis ikan ini juga dikenal dengan sebutan butterfish.

Dikutip dari The Spruce Eatsbutterfish biasanya disematkan pada ikan yang mengandung lemak omega-3 dalam jumlah tinggi.

Ikan black cod juga biasa disebut sablefish. Ditangkap pada musim tertentu oleh sejumlah nelayan untuk menjaga reproduksinya.

Baca juga:

Harganya mahal 

Ikan black cod biasanya dijual dengan harga tinggi. Ada beberapa alasan di balik mahalnya seafood dari Alaska ini.

Dilansir dari The Cold Wire, alasan teratas mahalnya ikan black cod disebabkan oleh tekstur lembut dan kandungan tinggi omega-3, penangkapan sulit dan berfokus pada keberlanjutan lingkungan, serta pengolahan ikan yang beragam, seperti disampaikan Degan.

Selain itu, biaya pengiriman ikan black cod ke berbagai wilayah juga tidak murah. Apalagi bila dikirim dalam keadaan segar,

Ikan black cod segar harus dikirim dalam semalam untuk menjaga kualitasnya. Hal ini memakan ongkos tinggi.

ilustrasi olahan ikan black cod.SHUTTERSTOCK/hlphoto ilustrasi olahan ikan black cod.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com