Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengyu Kopitiam Tempat Sarapan Pagi di Pertokoan Kayutangan Malang

Kompas.com - 25/02/2023, 08:04 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

KOMPAS.com - Kota Malang memiliki banyak pilihan kedai kopi sehingga cukup mudah apabila ingin menikmati kopi atau sekedar nongkrong.

Jika kamu mencari kopi pagi, bisa datang ke kedai hits Pengyu Kopitiam yang ramai dikunjungi orang-orang untuk menikmati sarapan. Bahkan, pelanggannya sampai datang dari luar kota.

Pengyu berdiri pada bulan Agustus tahun 2022 lalu, lokasinya di Pertokoan Kayutangan Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kauman, Kecamatan Klojen. 

Kedai Kopitiam hits ini menempati bekas bangunan tempat pangkas rambut, sudah berdiri sejak tahun 70an dengan nama Pengyu. Nama Pengyu tersebut tetap digunakan untuk kedai kopi ini.

"Pengyu sendiri mempunyai arti sahabat yang biasanya dilambangkan dengan penyu" menurut Arief salah satu pemilik kedai yang ditemui Kompas.com, Minggu (19/02/2023).

Arief melanjutkan bahwa Pengyu Kopitiam ini merupakan gabungan dari dua brand yaitu Depot 2 Legenda dengan Toko Kopi Kongca, menghasilkan Pengyu Kopitiam.

"Kami sama-sama mengusung tema yang mana sekiranya belum ada kita ambil. Mungkin, orang sudah bosan melihat coffee shop proper, estetik, dan lain sebagainya. Kami melihat pasarnya sudah jenuh disuguhkan seperti itu, untuk itu Depot 2 Legenda dan Toko Kopi Kongca menghadirkan kopitiam di Malang" penjelasan dari Arief.

Suasana di Pengyu Kopitiam memang berbeda dengan coffee shop kebanyakan di Malang.  Memiliki Interior jadul ala pertokoan di pecinan, dimana masih dipertahankan dari bentuk bangunan sebelumnya.

Interior tersebut ternyata cocok dengan konsep Kopitiam sendiri, kemudian terdapat open kitchen, dan ornamen-ornamen tambahan. 

Menurut Arief, "orang melihat ini seperti pecinan, ada juga katanya suasana mirip di Vietnam atau Thailand".

Baca juga: 5 Kopitiam di Malang untuk Sarapan Akhir Pekan

Kopi mentega dan kopi sarikaya butter ala Pengyu KopitiamKOMPAS.com/Nuril Laili Azizah Kopi mentega dan kopi sarikaya butter ala Pengyu Kopitiam

Sementara itu, kamu dapat memilih menu sarapan pagi di Pengyu Kopitiam seperti Butter Coffee dan Roti Gandum Sarikaya Butter.

Arief merekomendasikan menu signature di Pengyu Kopitiam yaitu Mie Kwa. Mie Kwa adalah mi yang disajikan bersama kuah kari kental dengan bumbu autentik dari Pengyu.

Selain itu juga terdapat menu dari 2 Legenda dan Kopi Kongca yang dihadirkan di Pengyu seperti, Pot Ayam Kungpao, Pot Ayam Sehat, Wonton Ayam Kuah, dan Roti Gandum Sarikaya.

Selanjutnya menu minuman terdapat Es Milo Melayu, Es Kopi O, Milo Melayu, Teh Tarik Panas.

Harga di Pengyu Kopitiam sekitar Rp 5.000 sampai Rp 30.000.

Pengyu Kopitiam berlokasi di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Kauman, Kecamatan Klojen, masuk ke dalam Pertokoan Kayutangan. 

Pengyu Kopitiam buka setiap hari kecuali Kamis, pukul 07.30 sampai 21.00 WIB. Info lebih lanjut bisa mengunjungi media sosial instagram @pengyukopitiam.

Baca juga: Mencoba Kopi Mentega dan Roti Gandum Sarikaya ala Kopitiam Hits di Malang

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com