Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/02/2023, 11:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kubis menjadi salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi apa saja. Kamu bisa mengolahnya menjadi asinan kubis agar bisa tahan lama. 

Asinan kubis bisa kamu buat kemudian hidangkan sebagai pelengkap sate kambing atau sapi. Simak tips membuat asinan kubis dari buku "Mengawetkan sayur-sayuran" (2022) oleh Hartanto terbitan CV. ANGKASA. 

Baca juga:

1. Pilih kubis

Dalam buku tersebut menyarankan untuk menggunakan kubis yang masih segar dan berkualitas. Liat dari bagian luarnya, pastikan tidak ada yang rusak atau memiliki warna daun tua. 

2. Cuci kubis hingga bersih

Gunakan air mengalir dan wadah besar, cuci hingga bersih. Bersihkan setiap helai demi helai daun yang membungkusnya. Tata daun kubis secara berlapis. Rendam dengan air garam. 

3. Tambahkan larutan garam dapur

Kamu bisa menggunakan larutan garam dapur sebanyak 2,5 persen atau hingga kubis tenggelam. Beri papan di atasnya, agar kubis masuk dalam larutan garam. 

4. Tunggu selama 2 minggu 

Kalau sudah dua minggu, air garam bisa diganti dengan yang baru. Kamu bisa menyimpannya selama satu bulan. Simpan dalam stoples kaca. 

Buku "Mengawetkan sayur-sayuran" (2022) oleh Hartanto terbitan CV. ANGKASA bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com