Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Lapis Singkong Cokelat, Jajanan Jadul Favorit

Kompas.com - 17/02/2023, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Lapis singkong biasanya dibuat dengan warna cerah ala pelangi. Pada resep kue lapis singkong ini menggunakan bubuk cokelat sebagai pewarnanya. 

Selain itu, lapis singkong ini juga tidak menggunakan kelapa parut sebagai lapisannya. Dihidangkan dengan cara digulung sehingga lebih menarik untuk di coba. 

Simak cara membuat lapis singkong cokelat dari buku "30 Resep Kreasi Kue untuk Snack Box" (2023) oleh Sylvia Norma Yunita terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

Baca juga:

Resep lapis singkong cokelat 

Bahan 

  • 850 gram singkong
  • 100 gram tepung tapioka
  • 5 sdm gula pasir
  • 10 gram cokelat bubuk 
  • 1 sdt garam 
  • 450 ml santan 
  • 500 ml air 
  • 100 gram gula merah 
  • 50 gram air

Cara membuat lapis singkong cokelat 

  1. Blender atau haluskan singkong denagn 500 ml air, saring dengan kain bersih. Endapan air dair singkong bisa dijadikan sari pati. Pindahkan singkong ke dalam wadah. Taburkan dengan garam, santan, dan sari patinya. 
  2. Tuang tepung tapioka, aduk hingga tercampur rata. Siapkan panci, masukkan gula merah dan air. Masak sampai gula larut. 
  3. Bagi adonan singkong menjadi dua bagian. Satu bagian dengan gula pasir dan satu bagian dengan larutan gula merah dan cokelat bubuk. 
  4. Siapkan loyang ukuran 18x18 cm. Olesi dengan sedikit minyak sayur. Tuang sekitar 150 ml adonan warna putih dan ratakan. Kukus adonan selama 2 menit hingga menjadi adonan agak pada. Tuangkan adonan cokelat dengan takaran yang sama. Kukus selama 5-7 menit. 
  5. Angkat dan dinginkan dari loyang. Gulung adonan dan potong kue sesuai selera. 

Buku "30 Resep Kreasi Kue untuk Snack Box" (2023) oleh Sylvia Norma Yunita terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com