Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Manfaat Buah Sawo, Terdapat Serat dan Mineral

Kompas.com - 15/02/2023, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Buah sawo biasa dinikmati secara langsung atau diolah menjadi dessert manis. Buah sawo punya banyak kandungan baik untuk kesehatan tubuh. 

Hanya saja, konsumsi buah sawo tidak dianjurkan dalam jumlah banyak secara rutin karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Mengetahui lebih banyak seputar manfaat buah sawo untuk kesehatan dari majalah Sedap / ED 10 2017 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

1. Kandungan antioksidan 

Getah sawo memiliki kadar sedikit yaitu antioksidan. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan keremajaan kulit. Terdapat juga, serat yang ada dalam sawo bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan perut. 

2. Vitamin

Buah sawo juga memiliki kandungan seperti vitamin C, vitamin A, asam folat, dan vitamin B yang bisa menyumbang sekitar 30 persen dari kebutuhan harian tubuh. 

3. Mineral 

Manfaat buah sawo untuk kesehatan selanjutnya adalah terdapat kandungan mineral. Jenis mineral tersebut bisa berguna untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. 

4. Gula 

Dalam majalah tersebut menyebutkan kalau sawo memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. Setiap satu kilogram buah sawo terdapat sekitar satu ons gula. Oleh karena itu, batasi mengonsumsi sawo secara berlebihan dengan rutin untuk mengendalikan kadar gula dalam tubuh. 

Majalah Sedap / ED 10 2017 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com