Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uniknya Dusun Pranan di Yogyakarta, Mayoritas Warga Jualan Durian

Kompas.com - 07/02/2023, 18:17 WIB
Dani Julius Zebua,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KULON PROGO, KOMPAS.com – Satu dusun kecil jadi sentra penjual buah durian di Kapanewon (kecamatan) Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta.

Hampir setiap rumah di pinggir jalan Pedukuhan (dusun) Pranan meletakkan tumpukan durian di pinggir jalan depan rumah untuk dibeli warga melintas.

Dusun Pranan menyebut dirinya sebagai “Kampung Durian”.

“Warga kami menyajikan durian-durian itu di rumah-rumah. Dengan ini, Pranan bisa dikenal kalau di sini sentra durian,” kata Dukuh (kepala dusun) Pranan, Waliadin, Senin (6/2/2023).

Sebanyak 193 kepala keluarga hidup di Pranan. Mereka tinggal di sekitar 190 rumah. Setiap rumah memiliki kebun dengan rata-rata 15-20 pohon durian jenis lokal.

Waliadin mengatakan, banyak sekali pohon durian usia tua di kampung ini. Produksi buahnya masih berlimpah dan rasanya bersaing dengan buah yang sudah terkenal.

Baca juga:

Produksi durian terbilang banyak tiap masa panen raya durian seperti saat ini.

Pada masa lalu, kata Waliadin, hasil panen dibeli para tengkulak untuk dijual hingga ke luar kota. Kadang, petani menjualnya lewat pertemanan media sosial. Kondisi ini berlangsung lama.

Dalam perjalanan waktu, warga mulai melek potensi ekonomi durian selain menjual begitu saja lewat pengepul. Warga tergerak menjual durian di mana pembeli langsung datang ke kampung mereka.

Bekerja sama dengan kelompok sadar wisata desa, Kampung Durian diluncurkan 5 Februari 2023. Penjualan digelar hanya tiap akhir pekan, Sabtu dan Minggu sepanjang Februari 2023 bertepatan dengan puncak panen raya.

Sambil berjualan, tiap pedagang memasang nomor handphone dan WhatsApp.

“Biar bisa dipesan secara online,” kata Waliadin.

Kampung Durian berada di seberang rest area Kalibawang jalan Mendhut – Nanggulan. Rest area ini berada di jalur alternatif Magelang – Wates.

Baca juga: 2 Tempat Makan Olahan Durian di Yogyakarta, Buka Sepanjang Tahun

KAMPUNG DURIAN - Keramaian di Kampung Durian Pedukuhan Pranan, Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mobil dan motor memadati jalanan sempit perkampungan ini.KOMPAS.COM/DANI JULIUS KAMPUNG DURIAN - Keramaian di Kampung Durian Pedukuhan Pranan, Kalurahan Banjaroya, Kapanewon Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Mobil dan motor memadati jalanan sempit perkampungan ini.

Pranan sekitar 14 kilometer (Km) dari Gerbang Kapal Samudera Raksa atau sekitar 30 Km dari Kota Wates. Ada gapura bertuliskan Kampung Durian Pranan sebagai jalan masuk.

Berkeliling di dusun ini berarti menyusuri jalan kecil, baik beraspal halus, rusak, maupun jalan semen. Berkendara di sana hanya bisa satu arah karena jalan yang sempit.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com