Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisnis Jastip Albaik, Beli Ayam Goreng di Arab dan Jual di Indonesia

Kompas.com - 03/02/2023, 14:08 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ayam Albaik asal Arab Saudi tengah populer di Indonesia. Tak lagi harus pergi ke Jeddah untuk menikmatinya, makanan ini juga bisa didapat melalui berbagai jasa titip (jastip) makanan.

Jastip ayam Albaik di Indonesia bisa ditemukan dengan mudah di media sosial. Salah satunya, @albaikchicken.id yang menawarkan jasa melalui pemesanan via Instagram dan e-commerce.

"Bisa beli lewat Shopee untuk Jabodetabek karena pengirimannya di hari yang sama atau via pesan Instagram dan Tokopedia untuk pesanan luar Jabodetabek," kata Alliya Tsabita Zahra, pemilik jastip Albaik Chicken Indonesia.

Ia menyanggupi pesanan ayam Albaik ini ke daerah mana saja di Indonesia, selama sudah terakses dengan jasa pengiriman yang bekerja sama dengannya.

Sejauh ini, Alliya mengatakan, dirinya telah mengirim ayam Albaik dari Jakarta ke Jabodetabek, Lampung, Medan, hingga Denpasar.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Albaik, Restoran Ayam Goreng di Arab Saudi Sejak 1974

Manfaatkan momen 

Proses jasa titip ayam Albaik dari Arab Saudi. DOK. Alliya Tsabita Zahra/Albaik Chicken Indonesia. Proses jasa titip ayam Albaik dari Arab Saudi.

Bisnis jastip ayam Albaik milik Alliya baru berdiri pada Maret 2021. Ia sudah merencanakannya tepat satu bulan sebelum dimulai.

Kerinduannya menyantap ayam Albaik yang pernah dicicipi saat umrah bersama keluarga pada sembilan tahun silam, menjadi alasan utama Alliya membangun bisnis ini.

"Sekitar 2018-2019 pengin banget beli ayam Albaik lewat jastip. Pas 2021 teringat lagi karena teman yang balik ke Indonesia dari Arab Saudi. Pas tanya harga jastipnya ternyata Rp 250.000," ungkap Alliya.

Bahkan, menurut pantauannya saat itu, satu paket ayam Albaik dijual Rp 300.000 di e-commerce.

"Waktu itu aku masih mahasiswi, uang segitu terbilang banyak. Lumayan mahal buat makanan," lanjutnya.

Alhasil, dirinya justru membuka bisnis jastip ayam Albaik dengan harga lebih terjangkau, sembari melihat adanya peluang usaha.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com