Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 11:09 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Bolu kukus ketan hitam cocok untuk dihidangkan saat acara berkumpul dengan keluarga atau teman. Kamu bisa membuatnya untuk oleh-oleh juga. 

Ada banyak resep bolu kukus ketan hitam yang bisa kamu coba buat di rumah. Namun, kamu perlu mengetahui beberapa tips membuat berikut agar hasilnya tidak gagal mengembang. 

Dilansir dari buku "Betty's Bake - 55 Resep Cookies, Cake Kue Dan Roti Hits Di Instagram" (2023) oleh Betty Cenn terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, simak tips simpel membuat bolu kukus ketan hitam

Baca juga:

1. Gunakan telur yang bagus 

Hindari menggunakan telur yang sudah disimpan lama, karena bisa menurunkan kualitasnya. Sebaiknya, pakai telur yang masih segar. 

2. Gunakan api sedang 

Pastikan api yang digunakan untuk membuat bolu kukus terjaga dan stabil. Gunakan api sedang agar hasil dari permukaan bolu kukus mulus. 

3. Lakukan tes tusuk untuk mengecek kematangannya

Kamu bisa menggunakan tusuk sate untuk melakukan tes tusuk pada adonan. Cara ini untuk mengecek apakah bolu sudah matang atau belum. 

4. Kocok adonan hingga mengembang

Dilansir dari buku "Kue Mangkuk & Bolu Kukus Mekar" oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, adonan bolu kukus harus dikocok mengembang dan mengental supaya hasilnya merekah.

Kamu bisa menggunakan mikser atau whisk untuk mencampurkan adonan menjadi satu.

Buku "Kue Mangkuk & Bolu Kukus Mekar" oleh Sisca Susanto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

Buku "Betty's Bake - 55 Resep Cookies, Cake Kue Dan Roti Hits Di Instagram" (2023) oleh Betty Cenn terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com