Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/01/2023, 09:07 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Selain ikan gurame, kamu juga bisa menghidangkan olahan ayam saat Imlek. Ayam jahe bisa kamu hidangkan untuk menu makan keluarga. 

Kamu bisa menambahkan nasi putih hangat yang membuat pengalaman makan ayam jahe makin mengesankan. Pada resep ayam jahe ala restoran Chinese Food ini, ayam dilumuri dengan bumbu dari parutan jahe, kemudian dikukus hingga matang. 

Selengkapnya, simak cara membuat ayam jahe untuk Imlek dari buku "Indonesian-Chinese Cooking (HC)" (2013) oleh Cherry Hadibroto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

Resep ayam jahe 

Bahan 

  • 1 ekor atau 800 gram ayam kampung muda, potong 4
  • 8 cm jahe tua, parut searah serat, peras

Bumbu rendam 

  • 2 sdm jahe parut, ambil airnya
  • 1/2 sdt merica bubuk 
  • 3 sdm kecap asin
  • 1 sdt minyak wijen 
  • 3 siung bawang putih, haluskan 

Cara membuat ayam jahe

  1. Oles sambil diremas-remas badan ayam dengan bumbu perendam. Biarkan selama 1 jam. Taruh di pinggan tahan panas, tutup dengan kertas alumunium. Kukus selama 60-90 menit sampai daging empuk dengan api sedang. 
  2. Potong sesuai selera, selagi ayam masih panas. Pindahkan ke piring saji, siramkan cairan hasil mengukus. Panaskan sekitar tiga sendok makan minyak, tumis jahe parut sampai kering kecoklatan. Tuang bersama minyak ke atas ayam, hidangkan. 

Buku "Indonesian-Chinese Cooking (HC)" (2013) oleh Cherry Hadibroto terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com