Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/01/2023, 22:03 WIB
Nuril Laili Azizah

Penulis

Sumber BHG

KOMPAS.com - Sandwich adalah olahan roti tawar yang biasanya berisi telur, daging ham, keju, serta sayuran seperti selada dan tomat.

Kamu dapat mencoba membuat sandwich telur keju meleleh dengan bahan telur, roti gandum atau roti tawar biasa, lada bubuk, mentega, keju mozzarella, daun basil segar, tomat, dan garam.

Cara membuatnya mudah tanpa perlu alat pemanggang hanya menggunakan teflon, siapkan sebagai menu sarapan untuk keluarga.

Simak cara membuat sandwich telur keju meleleh, dikutip dari laman Bhg.com, berikut selengkapnya.

Baca juga:

Resep sandwich telur keju

Bahan:

  • 4 butir telur
  • 60 ml air
  • 1/4 sdt garam
  • 1/8 sdm lada hitam bubuk
  • 2 sdm mentega
  • 4 lembar roti gandum atau roti tawar biasa
  • 8 irisan keju mozzarella
  • 6 buah daun basil segar
  • 6 irisan tomat
  • 1 sdm minyak zaitun

Baca juga:

Cara membuat sandwich telur keju:

1. Masukkan ke dalam mangkuk kecil dan campur telur, air, garam, dan merica. Kocok dengan garpu sampai tercampur tetapi tidak sampai berbuih. 

Goreng telur dadar di wajan antilengket berukuran 20 sentimeter dengan sisi yang melebar, panaskan satu sendok makan mentega di atas api sedang - tinggi hingga meleleh.

Tuang setengah adonan telur ke dalam wajan. Masak dengan api sedang.

Saat adonan telur mengeras, gerakkan spatula di sekitar tepi wajan, angkat adonan telur sehingga bagian yang belum matang mengalir di bawahnya.

Lanjutkan memasak dan angkat ujungnya hingga campuran telur mengeras tetapi masih mengkilat. Angkat dan lipat sisi telur dadar ke sisi berlawanan.

Geser perlahan telur dadar dari wajan ke piring, tutupi dengan alumunium foil agar tetap hangat. Ulangi membuat telur dadar dari sisa adonan dan mentega.

2. Lapisi dua irisan roti dengan setengah keju, basil, tomat, telur dadar, dan sisa keju, tutup dengan roti lainnya. Jika perlu, tusuk tengah sandwich dengan tusuk gigi kayu.

3. Panaskan minyak dalam wajan di atas api sedang. Masukkan sandwich, masak selama empat hingga lima menit atau sampai roti terpanggang dan keju meleleh, dibalik sekali. 

Potong sandwich menjadi dua. Sajikan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BHG
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com