Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 18:07 WIB

KOMPAS.com - Starbucks membuka gerai dengan bahasa isyarat pertama di Indonesia, tepatnya di Jalan Tanjung Karang Nomor 3, Jakarta Pusat, Sabtu (3/12/2022). 

Dikutip dari siaran pers, gerai bernama Starbucks Community Store Tata Puri ini dirancang dan berpusat pada inklusivitas dan aksesibilitas.

Oleh karena itu, pelanggan dilayani oleh barista tuli dan barista dengan gangguan pendengaran lokal yang mengenakan apron hijau.

“Peresmian Signing Store ini merupakan pencapaian besar bagi Starbucks Indonesia yang merayakan hari jadinya ke-20 di Tanah Air,” ungkap Pemimpin PT Sari Coffee Indonesia, pemegang lisensi resmi merek Starbucks di Indonesia, Anthony McEvoy.

“Gerai spesial ini menunjukkan komitmen kami untuk menciptakan lingkungan kerja yang lebih inklusif dan beragam, serta memperluas akses ke semua komunitas,” jelasnya.

Baca juga:

Starbucks Community Store Tata Puri menyediakan tempat untuk komunitas tuli dan gangguan pendengaran dapat berkumpul, bersosialisasi, dan menjalin hubungan antar sesama.

Barista tuli akan mengenakan apron hijau dengan logo Starbucks yang dibordir dalam Bahasa Isyarat, semua karyawan yang dapat berbahasa isyarat akan memakai pin bertuliskan “I Sign”.

Pelanggan yang baru tahu atau tidak terbiasa dengan bahasa isyarat bisa menggunakan sistem khusus untuk memesan minuman dan makanan menggunakan tablet tulis (writing tablet).

Starbucks Community Store Tata Puri.Dok. Starbucks Indonesia Starbucks Community Store Tata Puri.

“Kami senang melihat antusiasme dari komunitas Tuli saat kami membuka pendaftaran. Lebih dari 150 orang mendaftar dari seluruh penjuru negeri,"  kata Senior General Manager Human Capital PT Sari Coffee Indonesia, Anastasia Dwiyani.  

Ia menyebutkan barista yang terpilih berasal kelompok yang beragam, termasuk mantan atlet renang dan model. 

Baca juga: Apa Itu Kopi Cocktail, Kopi Kekinian Pakai Alkohol?

“Seperti semua partner Starbucks, kami sangat antusias untuk membantu memupuk bakat dan memajukan peluang karier mereka.”

Starbucks bekerja sama dengan Gerkatin (Gerakan untuk Kesejahteraan Tuli Indonesia) dan Pusbisindo (Pusat Bahasa Isyarat Indonesia) untuk meningkatkan sosialisasi penggunaan bahasa isyarat bagi teman-teman tuli ke lingkup komunitas yang lebih luas. 

Rencananya, gerai ini juga akan menyelenggarakan kelas bahasa isyarat dan coffee workshop dalam bahasa isyarat.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+