Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/12/2022, 14:08 WIB

KOMPAS.com - Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 telah berhasil diselenggarakan pada 28 sampai 30 Oktober di Plaza Timur Senayan Gelora Bung Karno.

FJB 2022 yang mengusung tema "Kenali Rasanya Indonesia", menghadirkan lebih kurang 90 gerai makanan dan minuman legendaris Nusantara.

"Bango hadir dengan tema ini karena kita ingin mengajak semua orang bisa lebih mengenal, mencoba, mengeksplorasi, dan lebih cinta pada kuliner Indonesia," ujar Senior External and Digital Communication Manager PT Unilever Indonesia, Tbk. Adisty Nilasari acara demo masak virtual bertema “Hidangkan Resep Kuliner Legendaris ala FJB di Rumahmu”, Selasa (6/12/2022).

Baca juga:

Menurut Adisty, cukup banyak masyarakat Indonesia yang sudah rindu untuk datang langsung dan mencicipi beragam kuliner legendaris di JFB. Pasalnya, selama dua tahun pandemi, FJB dilaksanakan secara online.

Antusiasme masyarakat Indonesia terhadap hadirnya FJB 2022 secara offline terlihat dari jumlah pengunjung yang mencapai 97.000 orang. Sementara itu, terdapat 120.000 porsi makanan yang habis selama FJB 2022.

"Kita ingin masyarakat Indonesia dapat menikmati makanan legendaris Indonesia tidak hanya saat FJB. Kita ingin membawa makanan itu ke rumah sehingga ada Chef Ragil yang akan memberikan inspirasi tentang bagaimana cara memasak makanan selezat kuliner legendaris di FJB. Kita akan berbagi resep," jelas Adisty terkait acara demo masak kuliner legendaris bersama Chef Ragil.

Chef Ragil mendemokan cara memasak dua makanan legendaris Nusantara yaitu Sate Rembiga Ibu Sinnaseh dari Lombok dan Iga Bakar Si Jangkung dari Bandung.

Adisty menyampaikan, sate rembiga dan iga bakar dipilih untuk acara demo masak karena sebentar lagi tahun baru.

Biasanya, masyarakat Indonesia merayakan tahun baru dengan acara bakar-bakar daging atau barbeku. Sate rembiga dan iga bakar dapat menjadi inspirasi menu untuk acara tahun baru.

Baca juga:

Bango berkolaborasi bersama Chef Ragil menghadirkan makanan legendaris Indonesia di rumah.DOK. KECAP BANGO Bango berkolaborasi bersama Chef Ragil menghadirkan makanan legendaris Indonesia di rumah.

Masak makanan Indonesia itu tidak ribet

Sebagai salah satu orang yang tidak dapat menghadiri FJB 2022 tetapi suka kulineran, saya begitu semangat mengikuti acara demo masak oleh Chef Ragil.

Berharap saya dapat membuat makanan selezat penjaja kuliner legendaris di FJB dengan mengikuti arahan dari Chef Ragil.

Beberapa orang menganggap bahwa makanan khas Indonesia terbilang sulit karena bumbunya banyak. Saya pun mengganggap demikian.

Namun, hal tersebut dipatahkan oleh Chef Ragil ketika menunjukkan cara masak sate rembiga dan iga bakar.

Terlebih, Chef Ragil bukan cuma menunjukkan cara memasak melainkan juga berbagi tips masak yang berguna untuk pemasak rumahan.

"Masakan yang hari ini kita akan demo simpel banget. Kalau buat masak makanan Indonesia di rumah, tinggal siapin bumbu seminggu sekali. Bumbunya apa segala macam, haluskan, masak, simpan di freezer. Rasa bumbu nggak akan berubah. Selain itu, sekarang hampir semua pasar yang agak besar, ke bagian bumbu aja. Minta bumbu apa, mereka sudah bisa menyiapkan," terang Chef Ragil.

Baca juga:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman Selanjutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+