Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Olahan Sayur Rebung, Salah Satunya Rebung Kecap Khas China

Kompas.com - 22/11/2022, 08:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Cara memasak rebung pada dasarnya termasuk mudah, tetapi akan menjadi sulit bila kamu tidak mengetahui cara mengolah rebung sebelum dicampur ke dalam bumbu masakan.

Dikutip dari laman Fine Dining Lovers, pucuk rebung mengandung racun saat masih mentah, oleh karena itu penting untuk merebusnya sekitar 20 menit menggunakan air mendidih.

Selain bisa mengeluarkan racun, merebus rebung juga dapat menghilangkan rasa pahit yang dihasilkan.

Ada banyak cara memasak rebung yang mudah dan enak yang bisa kamu coba di rumah. Lima olahan rebung dari laman Fine Dining Lovers berikut mungkin bisa jadi salah satu pilihan. 

Baca juga:

1. Rebung kecap ala China

Di China, rebung disebut juga dengan sun ki, yaitu sejenis sayuran yang dapat diolah dengan beragam masakan.

Salah satu olahan rebung yang cukup terkenal di China yaitu rebung kecap. Cara membuatnya tergolong mudah dan bahan yang digunakan umum ditemui di pasar.

Di sini kamu butuh rebung yang sudah diiris tipis serong, daun bawang, kecap asin, kecap manis, dan penyedap masakan.

Pertama tumis rebung dengan sedikit minyak hingga layu, kemudian masukan bunga lawang, kecap asin, kecap manis, dan air. Masak hingga rebung empuk dan air menyusut.

Masak rebung sembari diaduk sekitar tiga menit lalu tambahkan daun bawang dan penyedap makanan. 

2. Kari rebung

Bumbu kari yang gurih dan kental cocok dipadankan dengan irisan rebung yang berserat.

Untuk alternatif bahan, selain menggunakan rebung segar kamu juga bisa menggunakan rebung kaleng yang sudah ditiriskan.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kari di sini meliputi kentang, tomat, seledri, cabai hijau keriting, kunyit bubuk, jahe bubuk, dan jintan.

Pertama goreng jintan di dalam minyak goreng terlebih dahulu, kemudian tumis bersama bawang merah dan cabai hijau keriting hingga berwarna kecoklatan.

Tambahkan aneka bumbu bubuk, penyedap masakan, air, dan kentang, kemudian masak sembari diaduk hingga kentang masak setengah matang.

Masukkan irisan rebung kaleng lalu masak hingga kentang dan rebung matang. Terakhir tambahkan tomat dan masak kembali sembari diaduk sekitar 30 menit hingga kuah kari menyusut. 

Baca juga:

ilustrasi menma, fermentasi rebung yang biasa dijadikan topping ramen Jepang. SHUTTERSTOCK/KOHUKU ilustrasi menma, fermentasi rebung yang biasa dijadikan topping ramen Jepang.

3. Salad rebung

Bosan dengan sajian salad sayur biasa? Sepertinya kamu bisa coba bikin salad rebung. 

Sebelumnya iris tipis memanjang rebung segar lalu rebus di dalam air garam hingga mendidih. Kamu juga bisa menambahkan sedikit bubuk kunyit saat merebus rebung untuk memberikan warna.

Salad rebung di sini disajikan dengan irisan daging yang sudah ditumis bersama air kaldu, lada, garam, bawang putih, dan biji wijen sangrai. Penggunaan daging di sini bisa juga diganti dengan irisan jamur.

Sajikan salad rebung bersama irisan wortel dan tumis daging ataupun jamur. Koreksi rasa kembali dengan tambahan penyedap makanan sebelum disantap.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com