Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Sayap Ayam Goreng Barbeque, Bisa Jadi Lauk atau Camilan

Kompas.com - 03/11/2022, 10:28 WIB
Ais Jauhara Fahira,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daging ayam, salah satu protein favorit banyak orang. Selain mudah ditemukan di pasaran, daging ayam juga mudah untuk diolah ke dalam berbagai resep masakan. Salah satunya sayap ayam goreng barbekyu ini.

Resep yang satu ini cocok disantap untuk lauk makan atau camilan keluarga. Simak cara membuat sayap ayam goreng barbeque ala The Spruce Eats berikut ini.

Baca juga:

Resep sayap ayam goreng barbeque

Bahan:

  • minyak sayur, untuk menggoreng
  • 2-3 telur besar
  • 1-1,5 sdm air
  • Saus barbeque secukupnya (sekitar 250 ml)
  • 3-4 sdm madu, sesuai selera
  • 220 gram hingga 275 gram tepung serbaguna
  • 20 potong sayap ayam buang ujungnya

Cara membuat sayap ayam goreng barbeque:

1, Panaskan minyak untuk menggoreng hingga suhu 178 derajat Celcius. Gunakan wajan yang cukup besar dan tinggi, agar dapat menampung banyak minyak untuk menggoreng.

2, Kocok lepas telur dan air, sisihkan.

3. Tambahkan madu ke dalam saus barbekyu. Untuk takaran madunya, kamu bisa menambahnya jika menyukai rasa manis.

4. Letakkan tepung pada wadah mangkuk atau baskom. Balurkan daging ayam pada tepung sampai seluruh bagian ayam tertutupi. Setelah itu celupkan ayam ke dalam campuran telur dan air. Kemudian baluri kembali dengan tepung.

5. Goreng ayam yang sudah dibaluri tepung dan telur hingga berwarna cokelat keemasan dan renyah. Tiriskan dan sisihkan atas tisu makan.

6, Untuk memanggang ayam, panaskan oven hingga suhu 173 derajat Celcius. Celupkan ayam ke dalam saus barbeque. Lalu susun di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti. Pastikan tidak ada ayam yang saling bersentuhan.

7. Panggang selama 20 sampai 25 menit, atau sampai warnanya tidak mengilap. Periksa dengan menusuk ayam dengan pisau sampai matang sempurna. 

Alternatif jika tidak ada oven, panaskan saus barbeque di wajan antilengket dengan api kecil sampai mendidih. Matikan api kompor, masukkan madu. Aduk rata. Masukkan sayap ayam goreng dan balurkan sempurna.  

Baca juga:

@my.foodplace Happy weekend FoodLovers! Hidangan yang satu ini, ternyata cocok loh disantap saat musim dingin dan hujan. Zuppa Soup ialah sup krim yang berasal dari Italia. Biasanya Zuppa Soup disajikan bersama roti tepatnya lembaran puff prasty panggang. Siapa di sini suka Zuppa Soup? Mimin mau share resepnya lo agar kalian bisa bikin di rumah???? Simak yuk resepnya???????? Jangan lupa follow @my.foodplace dan baca resep selengkapnya klik link di bio, ya! #kompascom #foodplace #resepsimple #creamsoup #zuppasoup #serunyabelajar ? Trending upbeat corporate sound ? - 3KTrack
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com