Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Daging Mutton, Samakah dengan Daging Domba?

Kompas.com - 24/10/2022, 11:12 WIB
Ais Jauhara Fahira,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daging mutton sering kali tertera pada menu restoran dengan makanan internasional atau saat berkunjung ke restoran di luar negeri, khususnya Asia Timur, Asia Selatan, dan Timur Tengah. 

Apa itu daging mutton? Apakah sama dengan daging domba? 

Dilansir dari Master Class, daging mutton pada dasarnya adalah daging domba. Namun, dalam dunia kuliner internasional, daging domba dibedakan dengan sebutan lamb dan mutton.

Perbedaan lamb dan mutton berdasarkan pada usia domba ketika disembelih.

Tekstur daging menjadi pembeda utama, sehingga daging lamb dan mutton biasanya dimasak dengan teknik berbeda. 

Apa itu daging lamb?

Ilustrasi domba, rumput untuk pakan ternak domba. PIXABAY/MARJONHORN Ilustrasi domba, rumput untuk pakan ternak domba.

Lamb merupakan daging domba muda yang berusia di bawah satu tahun. Daging domba muda memiliki sedikit lemak dan otot sehingga tekstur daging lebih empuk dan lembab.

Daging domba populer digunakan dalam masakan Amerika Serikat, Eropa, dan Timur Tengah. Daging ini biasanya direbus atau dipanggang.

Adapun bagian lamb yang digunakan sebagai bahan masakan yaitu daging, pinggang, bahu, betis dan rusuk.

Beberapa tukang daging juga memberi istilah spring lamb, yang artinya daging domba tersebut khusus domba usia di bawah tiga bulan. 

Baca juga:

Apa itu daging mutton?

Daging mutton merupakan daging dari domba dewasa dengan usia sekitar dua hingga tiga tahun.

Daging mutton lebih banyak mengandung lemak dan otot, sehingga teksturnya lebih padat dan keras.

Oleh karena itu biasanya daging mutton dimasak dengan teknik slow cook (api kecil, tempo lambat), seperti nasi biryani, kebab, dan semur.

Daging mutton populer digunakan untuk masakan Timur Tengah dan India. Tukang daging di Australia dan Selandia Baru menyebut daging mutton sebagai sheep meat, hogget atau yearling untuk membedakan daging domba usia satu sampai dua tahun.

Sementara koki di Asia Timur dan Karibia menyebutnya mutton.

Baca juga:

@my.foodplace Siapa yang belum tau kalau diet tetap bisa makan rendang? Hah kok bisa? Bisa dong. Foodplace mau kasih rekomendasi rendang spesial dari @meatlesskingdom yang terbuat dari jamur dan kedelai. Rendang terasa empuk dibalut dengan bumbu khas yang bikin nagih. Ada 3 varian rasa yang bisa kamu cobain yaitu, rendang, dendeng, dan gepuk. Semua varian produk dari @meatlesskingdom dimakan pakai nasi anget aja udah enak banget. Buat kamu yang mager masak, tinggal stock aja produk dari @meatlesskingdom ini. Dijamin praktis dan enak???? Yakin gak mau cobain? Langsung aja kepoin IG @meatlesskingdom untuk pemesanan ya! #kompascom #foodplace #rendangenak #foodplantbased #dietsehat #dietfood ? Aesthetic - Tollan Kim
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com