Kompas.com - 07/10/2022, 12:07 WIB

KOMPAS.com - Salah satu olahan sirsak yang bisa kamu coba buat adalah es sirop sirsak. Cara membuatnya yang mudah serta bahannya yang sederhana, bisa kamu buat dengan praktis.

Kamu juga perlu menyiapkan blender bersih untuk menghaluskan dan mencampurkan semua bahan. Dilansir dari buku "1500 Resep Minuman Laku Dijual" (2013) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

Resep es sirop sirsak 

Bahan 

  • 1 kilogram daging buah sirsak, buang bijinya
  • 1 kilogram gula pasir
  • 500 ml air 
  • 1/2 sdt asam sitrun
  • 1/2 sdt esens sirsak 
  • 1 sdt pewarna hijau 

Cara membuat es sirop sirsak

  1. Blender halus daging sirsak dengan sedikit air hingga lembut dan angkat. Pisahkan cairan sirsak dengan seratnya, rebus gula dengan sisa air. Kalau sudah mendidih, buang buihnya. Masukkan sari sirsak. 
  2. Masak di api kecil dan tunggu hingga mendidih. Diamkan cairan sirsak, masukan asam, esens, dan pewarna hijau. Aduk rata dan tuang ke dalam botol.

Buku "1500 Resep Minuman Laku Dijual" (2013) oleh Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.