Kompas.com - 07/10/2022, 11:11 WIB

KOMPAS.com - Sedang ingin membuat jus sirsak atau olahan sirsak segar lainnya? Kamu perlu tau cara memilih sirsak yang tepat agar matang dan manis. 

Dilansir dari beberapa sumber, ada empat cara menentukan buah sirsak tersebut matang dan bisa diolah menjadi menu minuman atau camilan di rumah. Simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga:

1. Lihat dari warna kulitnya

Dilansir dari buku "Mengenal Manfaat Sukun, Manggis, dan Sirsak" (2021) oleh Rohmat Kurniat Penerbit Nuansa Cendekia, buah sirsak yang sudah matang memiliki warna kulit yang berubah menjadi hijau gelap. 

Selain itu, ditambahkan dari buku "Segudang Khasiat Manggis dan Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan" (2019) oleh Lia Ernawati Penerbit Laksana, kamu juga bisa melihat dari kilau atau kilap pada permukaan kulit sirsak. 

2. Jika ditekan terasa lembek

Jika kamu ingin memastikan daging sirsak tersebut manis atau matang, kamu bisa menekan permukaan kulitnya. Jika sudah terasa empuk dan lembek, itu artinya sirsak sudah matang. 

Baca juga:

3. Durinya yang jarang dan lunak

Selain itu, cara memilih buah sirsak juga bisa dilihat dari durinya yang muncul jarang dan teksturnya lunak, tidak melukai tangan. 

4. Daging buahnya berwarna putih dan penuh sari 

Ditambahkan dari buku "Budi Daya Sirsak" (2017) oleh Tim Mitra Agro Sejati penerbit CV Pustaka Bengawan, daging buah sirsak yang sudah matang memiliki daging berwarna putih dan penuh sari buah. 

Bijinya banyak dan bentuk bulat berwarna hitam mengilap. 

Buku "Mengenal Manfaat Sukun, Manggis, dan Sirsak" (2021) oleh Rohmat Kurniat Penerbit Nuansa Cendekia bisa diakses secara gratis di aplikasi iPusnas.

Buku "Segudang Khasiat Manggis dan Sirsak untuk Kesehatan dan Kecantikan" (2019) oleh Lia Ernawati Penerbit Laksana bisa diakses secara gratis di aplikasi iPusnas.

Buku "Budi Daya Sirsak" (2017) oleh Tim Mitra Agro Sejati penerbit CV Pustaka Bengawan bisa diakses secara gratis di aplikasi iPusnas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.