Kompas.com - 06/10/2022, 11:09 WIB

KOMPAS.com - Bawang putih menjadi salah satu bahan masakan yang biasa digunakan untuk bumbu. Ada banyak sekali fungsi dan manfaat dalam menggunakan bawang putih

Di sisi lain, ada cara masak dengan bawang putih yang benar agar cita rasa dan aroma dari masakan menjadi maksimal. Dilansir dari EatingWell, simak cara gunakan bawang putih untuk masakan. 

Baca juga:

1.  Gunakan bawang putih segar

Sebelum menggunakannya untuk aneka menu masakan, ketahui cara memilih bawang putih segar yang benar. Bawang putih yang sudah lama disimpan di lemari es akan kehilangan manfaat dan cita rasa pada masakan.

2. Potong bawang putih dan tunggu sebentar

Cincang bawang putih dan tunggu selama 10 hingga 15 menit. Hal tersebut agar bawang putih bisa melepaskan enzim sebelum panas wajan menonaktifkannya.

Ilustrasi bawang putih.PIXABAY/JACQUELINE MACOU Ilustrasi bawang putih.

3. Cincang bawang putih

Dalam laman tersebut menyebutkan kalau mencincang halus bawang putih bisa membuatnya lebih beraroma daripada mencincang kasar atau mengirisnya.

4. Tumbuk bawang putih dengan sedikit garam

Ada cara lain untuk menetralisir rasa pedas pada masakan yaitu dengan menumbuk bawang putih dan sedikit garam.

5. Buat bawang putih menjadi pasta

Kamu bisa membuat bawang putih menjadi bentuk pasta. Caranya cincang bawang putih hingga halus dan tekan menggunakan badan pisau hingga membentuk pasta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber EatingWell


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.