Kompas.com - 05/10/2022, 17:08 WIB

KOMPAS.com - Sajian bolu gulung yang empuk dan lembut tentu akan terasa nikmat disantap bersama teh hangat, apalagi ditambah dengan olesan selai.

Ada beragam selai bolu gulung yang bisa digunakan, salah satunya yaitu selai stroberi. Kamu memerlukan jumlah kuning telur yang cukup banyak supaya rasa bolu gulung lebih lezat.

Resep bolu gulung selengkapnya dapat dilihat dalam buku "Resep Cake, Kue, & Dessert dari Dapur Tempo Doeloe" (2002) karya Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Baca juga:

Resep bolu gulung stroberi

Bahan bolu gulung stroberi:

  • 11 butir kuning telur
  • 3 butir putih telur
  • 75 gram gula pasir
  • 1 sendok makan susu kental manis
  • 75 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 75 gram mentega (lelehkan)
  • 5 sendok makan selai stroberi

Baca juga:

Cara membuat bolu gulung stroberi

1. Kocok kuning telur, putih telur, dan gula menggunakan mikser hingga mengental. Kemudian masukkan susu kental manis, tepung terigu, dan baking powder, lalu aduk perlahan menggunakan spatula.

2. Tuang mentega yang sudah dilelehkan, lalu aduk kembali adonan hingga tercampur rata.

3. Tuang adonan ke dalam loyang persegi berukuran 20x20 sentimeter yang sudah diberi olesan margarin dan sedikit tepung.

4. Panggang adonan di dalam oven selama 10 sampai 15 menit, atau sampai kue matang. Keluarkan kue dari loyang dan taruh di atas kertas roti yang sudah diolesi margarin dan sedikit tepung.

5. Diamkan sebentar bolu gulung hingga dingin, lalu beri olesan selai stroberi pada permukaan kue. Kemudian gulung sedikit demi sedikit sembari ditekan agar padat. Sajikan. 

Buku "Resep Cake, Kue, & Dessert dari Dapur Tempo Doeloe" (2002) karya Tim Ide Masak terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara online di Gramedia.com.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.