Kompas.com - 04/10/2022, 11:33 WIB

KOMPAS.com - Plastik merupakan salah satu bahan yang umum digunakan sebagai wadah makanan.

Namun, penggunaan plastik kerap dihindari bila berhubungan dengan suhu tinggi, termasuk saat dipakai untuk memanaskan makanan di microwave.

Sebenarnya, apakah aman memanaskan makanan pakai wadah plastik di dalam microwave?

Dilansir dari Taste of Home, tidak ada ketentuan penuh mengenai benar atau salah menggunakan wadah plastik untuk menghangatkan makanan di microwave.

Jenis plastik tertentu relatif aman dijadikan wadah makanan bersuhu tinggi. Satu diantaranya adalah plastik polypropylene atau polipropilena (PP).

Mudah mengenali jenis plastik polypropylene pada wadah makanan. Biasanya, plastik ini ditandai dengan label 5 di bawahnya.

Selain mengenali jenis plastiknya melalui nomor, wadah makanan plastik yang memiliki label khusus "microwave safe" juga umumnya aman dipakai untuk menghangatkan makanan di microwave.

Sementara itu, plastik berlabel 3, 7, dan 7 dinilai paling tidak aman dipakai menghangatkan makanan di microwave.

Baca juga:

Tidak aman untuk kesehatan

Ilustrasi microwave - Memanaskan makanan dalam wadah plastik menggunakan microwave.SHUTTERSTOCK / goffkein.pro Ilustrasi microwave - Memanaskan makanan dalam wadah plastik menggunakan microwave.

Meski ada jenis plastik aman microwave, kesehatan menjadi fokus penting sebelum menggunakan bahan sintetis ini sebagai wadah makanan.

Bahan kimia plastik bisa saja larut dalam makanan atau minuman saat mengenai suhu panas microwave.

Kandungan kimia tersebut tentu berbahaya bagi tubuh, mengganggu hormon yang berkaitan dengan obesitas, diabetes, dan kerusakan reproduksi, seperti dikutip Healthline.

Itu sebabnya, selama bisa mengganti wadah makanan dengan bahan non-plastik, sebaiknya langsung pindahkan.

Wadah makanan berbahan kaca dan keramik bisa menjadi solusi pengganti plastik saat ingin menghangatkan makanan di microwave.

Baca juga:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.