Kompas.com - 03/10/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Punya beberapa potong pisang di rumah tapi bingung mau dibuat jadi apa? mungkin kamu bisa coba bikin bolu gulung pisang pandan.

Pisang yang digunakan sebaiknya yang sudah matang, tapi teksturnya tidak terlalu lembek. Cukup iris tipis pisang dan ratakan di loyang kue.

Bolu gulung pisang pandan ini cocok disantap pada sore hari ditemani secangkir teh hangat. Resep bolu gulung pisang pandan selengkapnya bisa dilihat dalam buku "Bolu Gulung Manis dan Gurih" (2020) karya Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama berikut.

Baca juga:

Resep bolu gulung pisang pandan

Bahan bolu gulung pisang pandan:

  • 3 buah isang raja matang (potong tipis)
  • 3 butir telur ayam
  • 60 gram gula pasir
  • 1/2 sendok teh sp
  • 45 gram tepung terigu protein sedang 
  • 1 sendok teh tepung maizena
  • 60 gram mentega (lelehkan)
  • Pasta pandan secukupnya
  • Susu kental manis secukupnya (untuk olesan)
  • Dark cooking chocolate secukupnya (lelehkan)

Baca juga:

Cara membuat bolu gulung pisang pandan

1. Siapkan loyang ukuran 30x30x4 sentimeter, lalu olesi bagian dalam loyang dengan margarin. Setelah itu alasi bagian dalam loyang dengan kertas roti dan susun potongan pisang di dalamnya secara merata. Sisihkan.

2. Kocok telur, gula, dan sp menggunaka mikser hingga kental dan mengembang, lalu masukkan tepung terigu, dan tepung maizena sembari diayak. Kocok kembali hingga adonan tercampur rata.

3. Tuang mentega cair lalu aduk adonan perlahan menggunakan spatula. Tambahkan pasta pandan dan aduk kembali hingga pasta tercampur rata.

4. Tuang adonan ke dalam loyang lalu panggang adonan di dalam oven menggunakan suhu 180 derajat celsius selama 20 menit. Setelah itu angkat dan keluarkan dari loyang.

5. Setelah bolu dingin, olesi dengan susu kental manis, lalu gulung kue sembari dipadatkan. Simpan bolu yang sudah digulung di dalam kulkas selama 15 menit, kemudian sajikan dengan topping cokelat leleh. 

Buku "Bolu Gulung Manis dan Gurih" (2020) karya Indriani terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli secara online di Gramedia.com. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.