Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resep Jamur Crispy Renyah Tahan Lama, Pakai 2 Jenis Tepung

Kompas.com - 03/10/2022, 12:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Punya stok jamur tiram dalam jumlah banyak di rumah? Coba olah menjadi jamur crispy yang renyah. Cocok untuk bekal atau camilan. 

Pada resep jamur krispi ini menggunakan dua jenis tepung yang membuatnya renyah tahan lama. Ada tepung terigu dan tepung maizena dengan takaran 7:2. 

Selengkapnya, simak resep jamur crispy dari buku "50 Menu Bekal Kantor Hits di Instagram @kummelissa" (2018) oleh Melissa Fitrialistanti terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

Baca juga:

Resep jamur crispy 

Bahan 

  • 100 gram jamur tiram, cuci bersih
  • 7 sdm tepung terigu 
  • 2 sdm tepung maizena
  • 1 siung bawang putih, haluskan 
  • 1/4 sdt merica bubuk 
  • Garam dan kaldu bubuk sesuai selera
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Cara membuat jamur crispy

  1. Siapkan wajan dan tuang minyak panas dengan api sedang hingga kecil. Dalam wadah, campurkan tepung terigu, maizena, garam, kaldu, dan merica. Aduk sampai rata. 
  2. Dalam wadah lain, masukkan adonan basah dan bawang putih halus. Ambil sekitar tiga sendok makan tepung dan campur sekitar 9-10 sendok makan air. Aduk sampai mengental. 
  3. Celupkan jamur ke dalam adonan basah, kemudian ke adonan kering dengan. Ketuk agar sisa tepung tidak menempel. Goreng hingga matang. 

Buku "50 Menu Bekal Kantor Hits di Instagram @kummelissa" (2018) oleh Melissa Fitrialistanti terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com