Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Rawat Cobek agar Tidak Mudah Berjamur, Pakai Ampas Kelapa

Kompas.com - 01/10/2022, 11:11 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Cobek merupakan perlatan masak tradisional yang sampai hari ini masih digunakan untuk menghaluskan bumbu atau membuat sambal. 

Bukan hanya perlu dibersihkan segera setelah digunakan, kamu juga merawat cobek dengan benar agar tidak lembab dan berjamur. Terutama, jika kamu memiliki dan menggunakan cobek batu. 

Dilansir dari buku "Buku Saku Keluarga dan Perlatan Dapur" (2018) oleh Tohyan Priyanto Penerbit Deepublish, ada empat cara merawat cobek batu di rumahmu agar tidak mudah berjamur.

Baca juga:

1. Rendam air panas 

Setelah membuat sambel ulek dan ingin mencucinya, rendam cobek di dalam wadah besar dengan air panas selaam lima menit. 

Air panas bisa membantu merontokkan kotoran yang menempel pada permukaan cobek. Setelah itu, bersihkan cobek batu hingga bersih. 

2. Gunakan ampas kelapa

Kamu bisa menggunakan ampas kelapa untuk membersihkan cobek dari bau atau kotoran yang menempel. Caranya, ulek cobek dengan parutan kelapa hingga permukaannya bersih dan bilas kemudian keringkan. 

3. Panaskan cobek dalam oven 

Setelah mencuci cobek batu dengan air, panaskan di dalam oven dengan suhu sekitar 190 derajat celsius selama 10-15 menit. Cara ini bisa membantu cobek steril dari bakteri. 

Kalau kamu menggunakan kompor bisa dengan memanaskannya di atas kompor gas dengan api kecil selama 10 menit. 

4. Cara simpan cobek batu 

Simpan cobek di tempat kering dan bersih, hindari meletakkan cobek di samping wastafel karena bisa membuat percikkan air mengenai permukaan cobek. 

Buku "Buku Saku Keluarga dan Perlatan Dapur" (2018) oleh Tohyan Priyanto Penerbit Deepublish bisa diakses secara gratis di iPusnas. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com