Kompas.com - 28/09/2022, 08:07 WIB

KOMPAS.com - Sedotan reusable atau sedotan yang bisa dipakai secara berulang, banyak dijual di minimarket. Hal tersebut untuk menggantikan sedotan plastik agar tidak menumpuk menjadi sampah. 

Di pasaran, sedotan reusable ada yang terbuat dari stainless steel tetapi ada juga yang terbuat dari bambu. Apapun jenis sedotan daur ulang yang kamu punya, ada baiknya untuk mengetahui cara membersihkannya. 

Baca juga:

1. Bilas bagian dalamnya dengan air mengalir

Dilansir dari laman The Kitchn, cara membersihkan sedotan reusable yang pertama adalah bilas bagian dalam sedotan dengan air mengalir sesaat setelah digunakan. 

Biarkan sedotan dalam keadaan tersebut hingga tidak mengeluarkan sisa minuman. 

2. Gunakan air hangat

Siapkan air hangat dan tutup salah satu ujung sedotan dengan telapak tangan. Tuang air hangat dan keluarkan air. Lakukan dalam beberapa kali.

Ilustrasi sedotan stainless steel.FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi sedotan stainless steel.

3. Gunakan sikat khusus sedotan 

Siapkan sikat khusus sedotan, setelah itu celupkan ke dalam air sabun. Gosok dengan gerakan memutar dan maju mundur saat berada di dalam sedotan. 

Pastikan bagian ujung sedotan tidak terlewatkan untuk dibersihkan. 

Baca juga:

4. Taburkan baking soda 

Kamu bisa menambahkan sedikit taburan baking soda di atas sikat kemudian gosok kembali bagian dalamnya. Pastikan anda melakukan proses bersih sedotan daur ulang secara rutin setiap kali digunakan dan menyimpannya dalam keadaan yang kering dan bersih. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber thekitchn


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.