Kompas.com - 27/09/2022, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Salah satu fungsi gula dalam masakan sama seperti garam dan lada yaitu menyeimbangkan rasa.

Selain itu, gula juga merupakan pemanis untuk kue, makanan ringan, dan minuman seperti teh dan kopi. Sebaiknya ketahui dulu jenis dan takaran gula agar rasa serta tekstur makanan pas.

Simak tips memasak menggunakan gula dari Spiceography.com berikut.

Baca juga:

Ilustrasi beragam jenis gula, termasuk brown sugar dan palm sugar. SHUTTERSTOCK/STOCKIMAGESFACTORYCOM Ilustrasi beragam jenis gula, termasuk brown sugar dan palm sugar.

1. Ketahui jenis gula

Ada banyak jenis gula yang memiliki perbedaan, warna dan rasa misalnya. Setiap gula memiliki kualitas sendiri dan tidak selalu dapat saling menggantikan dalam makanan.

Seperti gula putih yang telah diproses untuk menghilangkan rasa dan warna molase.

Sementara itu, gula merah adalah gula putih dengan beberapa rasa dan warna molase yang ditambahkan ke dalamnya.

Gula halus telah digiling halus dan dicampur dengan tepung maizena. 

2. Tambahkan gula sesuai resep

Takaran gula sebaiknya mengikuti resep yang terpercaya agar hasil makanan atau minuman pas.

Kue yang mengandung terlalu banyak gula akan rapuh karena kecenderungan gula untuk menarik uap air sehingga kue lembab.

Kelembaban yang terlalu banyak membuat kue tidak saling menempel. Kandungan gula yang tinggi juga akan membuat kue lebih mudah kecoklatan atau gosong.

Saus barbeku yang terlalu banyak gula dapat hangus bahkan saat dimasak dengan api sedang. Saus barbeku yang agak gosong masih bisa digunakan.

Namun, jika terlalu gosong dapat membuat daging yang diolesi saus itu menjadi tidak menggugah selera. 

Ilustrasi brown sugar terbuat dari gula putih ditambah molase. SHUTTERSTOCK/KATRINSHINE Ilustrasi brown sugar terbuat dari gula putih ditambah molase.

3. Timbang gula dengan benar

Menimbang atau mengukur takaran gula pun harus menyesuaikan jenisnya. Setiap gula mempunyai tekstur dan tingkat kelembapan yang berbeda.

Gula putih dan gula bubuk dapat diukur seperti tepung. Kamu cukup menyendok gula putih dan gula bubuk ke dalam gelas ukur, kemudian meratakannya.

Sementara itu, tekstur brown sugar lebih lengket dan menggumpal. Sehingga kamu perlu menekan brown sugar di dalam gelas ukur untuk menghilangkan udara.

Baca juga:

Ilustrasi karamel dimasak dalam panci. SHUTTERSTOCK/GREOSS Ilustrasi karamel dimasak dalam panci.

4. Pahami bahwa gula mudah gosong

Gula mudah gosong ketika sudah berinteraksi dengan panas atau api. Hal ini penting diketahui sebelum memasak daging yang dilumuri saus mengandung gula atau saat membuat karamel.

Barbeku dengan sentuhan sedikit rasa gula gosong disukai banyak orang. Namun, rasa barbeku jadi pahit kalau kelewat gosong.

Sementara bila kamu membuat karamel harus memperhatikan durasi masak. Jika gula sudah larut dan warnanya kekuningan, segera angkat dari api.

Pasalnya, karamel akan menjadi terlalu gelap dan pahit jika kelebihan durasi memasak. Tentu saja karamel gosong tidak bisa dimakan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.