Kompas.com - 25/09/2022, 15:21 WIB

KOMPAS.com - Pakcoy merupakan sayuran yang masih satu jenis dengan kembang kol dan brokoli. Namun, pakcoy disebut juga sawi sendok karena bentuk bonggolnya cekung.

Pakcoy umumnya ditumis bersama daging ayam atau sapi dan bumbu dapur sederhana misalnya bawang putih. Namun, pakcoy bisa juga dimasak dengan cara lain.

Baca juga:

Sebelum memasak kamu bisa melakukan tips membersihkan pakcoy dari MasterClass.

Pertama potong pakcoy terlebih dahulu, kemudian rendam dengan air dingin. Angkat pakcoy dari dalam air dan kibas-kibaskan untuk memastikan tidak ada tanah atau hama yang menempel.

Jika daunnya tetap utuh, potong pangkal pakcoy untuk memisahkan daunnya, lalu bilas. Kamu juga bisa memotong pakcoy menjadi dua bagian memanjang atau dibiarkan utuh.

Setelah pakcoy bersih, lanjutkan memasaknya seperti berikut.

Baca juga:

1. Rebus pakcoy bersama kecap asin dan gula merah

Rebus pakcoy utuh di dalam air yang sudah dipanaskan, tambah dengan kecap asin dan gula merah.

Rebus pakcoy dalam wajan besar tertutup sampai empuk. Kamu bisa memotong pakcoy terlebih dahulu bila merebus pakcoy dengan ukuran besar. 

2. Tumis pakcoy bersama minyak wijen

Tumis pakcoy menggunakan minyak wijen atau minyak sayur dengan api besar. Hal ini akan membuat daun dan batang pakcoy matang merata.

Kamu bisa menumis pakcoy bersama jahe segar, bawang putih utuh yang sebaiknya digeprek dulu, sedikit kecap asin atau tamari (kecap asin jepang), dan biji wijen.

3. Olah pakcoy jadi salad

Selain dimasak, kamu bisa mengolah pakcoy mentah menjadi salad. Potong dan cincang pakcoy kemudian campur dengan minyak zaitun, cuka, dan saus dressing kecap asin.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.