Kompas.com - 25/09/2022, 13:07 WIB

KOMPAS.com - Kopi cocktail atau cocktail coffee ialah tren minuman kekinian yang memadukan kopi dan cocktail.

Roaster kopi di Bagi Kopi Indonesia Dien Ksatria Widhibrata mengatkan bahwa kopi ini mulai populer di Indonesia setelah menang pada ajang perlombaan World Coffee Championship (WCC) 2022 kategori Coffee in Good Spirit di Milan, Italia pada 23 hingga 25 Juni 2022.

"Setelah minuman ini menang saat diperlombakan, akhirnya masuk ke Indonesia dan diadaptasi menjadi dua jenis minuman, yaitu cocktail dan mocktail," kata Dien saat dihubungi oleh Kompas.com pada Kamis (22/9/2022).

Dien mengatakan, umumnya biji kopi yang digunakan untuk campuran kopi cocktail yaitu jenis specialty coffee. Artinya, kualitas kopi yang digunakan bagus dan cita rasanya kuat.

Sementara, biji kopi yang digunakan untuk kopi mocktail dinilai lebih simpel karena tidak perlu menggunakan specialty coffee, bisa menggunakan kopi pada umumnya. 

"Kalau cocktail coffee itu menggunakan tambahan alkohol, sedangkan mocktail coffee tidak menggunakan alkohol," ujar Dien.

Baca juga:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.