Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/09/2022, 19:28 WIB
Ais Jauhara Fahira,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Masakan Cina memiliki gaya kuliner khasnya sendiri, baik dari cita rasa, bahan hingga teknik memasak.

Ada beberapa metode memasak yang populer di China dan dipraktikkan banyak orang. Setiap teknik memiliki keunikan tersendiri, melansir dari China Highlight berikut lima teknik memasak yang populer pada masakan China.

Baca juga: 5 Cara Hangatkan Dimsum Frozen, Salah Satunya Pakai Teknik Steam Fry

1. Menumis dengan wajan cekung

Teknik yang satu ini merupakan teknik yang cepat dan mudah , serta menghasilkan makanan yang enak dan beraroma.

Peralatan memasaknya adalah wajan (wok), spatula, dan kompor gas. Jika kamu menggunakan kompor listrik, panaskan terlebih dahulu wajan dengan suhu tinggi. 

Tumis biasanya menggunakan kombinasi daging atau seafood, sayuran, dan tahu. Semua bahan diiris tipis atau dipotong dadu. Daging atau seafood tersebut diasinkan menggunakan kecap, garam, dan bumbu lainnya.

Untuk memasak dengan teknik ini, panaskan wajan dengan sedikit minyak. Masukkan daging atau seafood, masak hingga setengah matang lalu sisihkan.

Tambahkan lagi sedikit minyak, masukkan sayuran, dan tahu lalu masak dengan cepat. Terakhir masukkan kembali daging atau seafood. Tambahkan aneka bumbu pelengkap dan aduk jadi satu. Cara menumis dengan wajan cekung dan suhu tinggi ini menghasilkan aroma khas yang disebut wok hei

2. Mengukus

Mengukus masakan China biasanya menggunakan wadah bambu uap. Bahan masakaan ditumpuk satu di atas yang lain, sehingga dapat memasak beberapa jenis makanan sekaligus. Hal ini menghemat waktu dan bahan bakar.

Bahan yang membutuhkan waktu memasak paling lama diletakkan di lapisan bawah berdekatan dengan air mendidih, sedangkan yang membutuhkan lebih sedikit waktu diletakkan di lapisan atas. Air harus dijaga agar mendidih perlahan sampai makanan matang.

Beberapa contoh makanan yang dimasak dengan teknik ini, seperti dim sum, pangsit, bakpao, dan ikan kukus.

Baca juga: 4 Cara Kukus Dimsum Tanpa Kukusan Bambu, Tidak Kering dan Lengket

3. Red stewing 

Merupakan salah satu teknik memasak China yang unik, biasanya digunakan untuk memasak potongan daging atau unggas yang lebih keras.

Teknik dilakukan dengan cara daging dimasak dalam tempo sangat lambat di atas api kecil. Setelah daging berwarna cokelat, kemudian dimasukkan kecap, gula, anggur jahe, bubuk ngohiong, bubuk cabai, ketumbar, dan bumbu lainnya dalam jumlah besar

Bersamaan bumbu juga dituangkan air atau kaldu. Perlu waktu beberapa jam untuk memperoleh tekstur empuk yang diinginkan.

Adapun alat yang digunakan seperti panci untuk merebus atau bisa juga menggunakan slow cooker.

Beberapa contoh masakan terkenal yang menggunakan teknik ini yaitu iga bakar merah dan ikan masak merah.

Baca juga: Apa Itu Bumbu Ngohiong, Bumbu Khas dalam Masakan China?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com