Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara Membuat Kue Cucur agar Pinggirnya Keriting saat Digoreng

Kompas.com - 16/09/2022, 13:13 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Kue cucur merupakan makanan tradisional yang terbuat dari bahan sederhana dengan cara masak digoreng. Kue tradisional ini memiliki tekstur yang berserat dan berenda di bagian pinggirnya. 

Kalau kamu ingin membuat kue cucur, ada cara membuat kue cucur agar pinggirnya menjadi keriting saat digoreng. Dilansir dari buku "Sukses Membuat Aneka Kue" (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama, simak lima tips membuatnya. 

Baca juga:

1. Tepuk-tepuk adonan

Cara membuat kue cucur agar pinggirannya keriting yang pertama adalah kalau adonan sudah tercampur rata, tepuk-tepuk dan timba adonan selama 15 menit. Hal ini agar adonan tercampur lebih sempurna. 

2. Diamkan adonan kue cucur selama 2 jam 

Setelah adonan ditepuk-tepuk, diamkan adonan kue cucur selama 2 jam. Kalau kamu punya wadah lainnya, tuang ke dalam wadah kedap udara dan diamkan selama satu malam. 

Pada saat adonan akan digoreng, diamkan dulu hingga adonan mencapai suhu ruang. 

3. Gunakan wajan kecil 

Pada saat akan menggoreng adonan kue cucur, gunakan wajan kecil yang terbuat dari logam tebal. Hal ini karena wajan besar bisa membuat adonan melebar. 

Baca juga:

ilustrasi kue cucur gula aren. SHUTTERSTOCK/Ika Rahma H ilustrasi kue cucur gula aren.

4. Goreng dalam minyak tidak banyak 

Tips menggoreng kue cucur yang selanjutnya adalah goreng dalam minyak yang sedikit tetapi panas. Jadi, untuk membuat pinggirannya keriting tidak perlu membuat adonan sampai tenggelam. 

5. Gunakan minyak panas

Cara membuat kue cucur keriting pinggirnya yang terakhir ini adalah gunakan minyak panas. Atur api kompor kecil tetapi minyak panas agar adonan matang merata dan membentuk keriting di pinggirnya. 

Buku "Sukses Membuat Aneka Kue" (2014) oleh Diah Nimpuno terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com