Kompas.com - 18/08/2022, 17:08 WIB

KOMPAS.com - Pilihan restoran masakan nusantara di Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat, bertambah lagi. Ada restoran aceh bernama Kanabu Resto yangbaru buka dan beralamat di Jalan Bendungan Hilir Nomor 44A. 

"Kami ingin membawa cita rasa masakan Aceh asli ke Ibukota. Kanabu hadir untuk mengobati rasa rindu masyarakat Jabodetabek dengan makanan khas Aceh," kata Store Manager Kanabu, Teuku Fitriansyah saat acara pembukaan Minggu (14/8/2022). 

Baca juga:

Ia menjelaskan dalam Bahasa Aceh, kana berarti sudah tersedia  dan bu berarti nasi. Ada dua makanan spesial atau andalan di Kanabu Resto, yaitu ayam tangkap dan kari kambing. 

"Dua makanan ini sebenarnya sudah lazim ditemui di restoran di Aceh, tetapi bagi perantau makanan ini masih sulit ditemui di restoran," kata Teuku. 

Ayam tangkap di Kanabu Resto menggunakan potongan ayam pejantan, dengan ukuran potong empat sehingga cocok untuk porsi makan satu orang. 

Sementara kari kambing dimasak menggunakan wajan super besar, yang sekali masak bisa menampung 30-40 kilogram daging kambing serta 100 liter kuah. 

Kari kambing di Kanabu Resto. Kompas.com/Silvita Agmasari Kari kambing di Kanabu Resto.

"Kami pakai rempah asli aceh semuanya, seperti kari kambing ada 20 rempah yang digunakan. Ayam tangkap pakai daun kari atau daun temurui," jelas Teuku. 

Selain ayam tangkap dan kari kambing, Kanabu Resto juga menawarkan sajian khas Aceh lain seperti Daging Tangkap, Kari Bebek, Ikan Kayu (Keumamah) dan Sambal Ganja.

Sambal Ganja berbahan dasar cabai, belimbing wuluh, cawang merah, garam, jeruk nipis, dan udang. Meski namanya sambal ganja, tetapi tidak ada kandungan ganja pada sambal ini.

Baca juga:

 

Sambal ganja di Kanabu RestoKompas.com/Silvita Agmasari Sambal ganja di Kanabu Resto

Dari percobaan Kompas.com, ayam tangkap, kari kambing, dan sambal tangkap di Kanabu Resto memang jadi unggulan. Ketiganya punya rasa rempah yang menyerap dengan baik. Cocok disantap dengan nasi putih hangat. 

Harga satu potong ayam tangkap di Kanabu Resto Rp 35.000, sementara seporsi kari kambing yang dagingnya lumayan banyak dihargai Rp 45.000. 

Selain bersantap, pengunjung juga dapat berfoto di anjungan foto dengan berpakaian pengantin ala Aceh di restoran ini. 

Baca juga:

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.