Kompas.com - 18/08/2022, 13:31 WIB

KOMPAS.com - Istilah specialty coffee sudah tak asing lagi bagi banyak pencinta kopi. Sebutan ini biasa muncul di dunia perkopian.

Sebenarnya, apa itu specialty coffee?

Rinaldi Nurpratama, pemilik Dua Coffee mengatakan, specialty coffee merupakan standar mutu kopi yang dibuat oleh Specialty Coffee Association (SCA) di dunia.

SCA mempunyai standar nilai untuk menentukan kualitas kopi, yakni mulai 80-100.

Orang yang bertanggung jawab menilai layak tidaknya sebuah kopi masuk kategori specialty biasa disebut sebagai Q Grader.

"Q Grader itu tersertifikasi oleh badan dunia, yaitu Coffee Quality Institute (CQI)," kata Rinaldi saat ditemui Kompas.com dalam Konferensi Pers Pasar Kopi, Senin (15/8/2022).

Sebelum mendapat sertifikasi, Q Grader akan dilatih selama seminggu untuk mengenali kopi, mulai dari rasa hingga baunya.

Baca juga:

Q Grader akan menilai kopi mulai dari bijinya saat dipanen, total cacat pada kopi, hingga nilai cupping test.

Jika mendapat nilai 80-100, kopi dinyatakan layak masuk kategori specialty cofffee dan biasanya dijual dengan harga lebih mahal.

"Jadi makin grade-nya tinggi, harganya makin mahal. Kalau bicara kualitas tertinggi, grade-nya specialty," ujar Rinaldi.

Sementara untuk grade kopi di bawah specialty meliputi grade 1, grade 2, grade komoditi, dan sebagainya.

Rinaldi mengatakan, saat ini Indonesia sudah memiliki banyak specialty coffee yang berasal dari Garut, Aceh, dan Lampung.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.