Kompas.com - 12/08/2022, 15:06 WIB

KOMPAS.com - Surawiraaji atau lebih dikenal dengan nama Untung Surapati adalah salah satu pahlawan Indonesia yang memimpin pemberontakan melawan kolonialisme VOC atau perusahaan Hindia Timur Belanda saat masa penjajahan Belanda.

Surapati lahir di Bali pada 1660, perjuangannnya melawan bangsa Belanda bermula sejak usia 20 tahun saat dirinya dijebloskan ke penjara karena menjalin hubungan dengan putri seorang perwira VOC. 

Banyak lika liku yang dilalui Surapati dalam melawan kolonialisme VOC. Mulai dari menghancurkan pasukan Jacob Couper, pasukan VOC, di Desa Rajapalah, hingga tewas saat pertempuran melawan pasukan VOC menyerbu Pasuruan pada 1706.

Perjuangan Untung Surapati kemudian dicatat di dalam Babad Tanah Jawi, sebuah Naskah berbahasa Jawa.

Bali, sebagai daerah kelahiran Untung Surapati tidak hanya sekadar menyimpan banyak sejarah, tetapi juga punya banyak ragam makanan yang patut dicoba.  Salah satunya yaitu Ayam Betutu khas Bali.

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus, coba bikin makanan khas yang berasal dari tanah kelahiran salah satu pahlawan Indonesia.

Resep ayam betutu khas Bali dapat dilihat di buku "Resep Masakan Nusantara Favorit dari Aceh Hingga Papua" (2013) karya Rika Kusumawati dan Winkanda Satria Putra terbitan Penerbit Andi berikut.

Baca juga:

Resep ayam betutu khas Bali

Bahan ayam betutu khas Bali:

  • 1 ekor ayam (potong 20 bagian)
  • 1 sentimeter lengkuas (memarkan)
  • 2 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 buah tomat (potong 8 bagian)
  • 2 sendok makan kecap manis

Baca juga: Resep Ayam Betutu Daun Singkong Khas Bali, Cuma 5 Langkah Pembuatan

Bumbu halus ayam betutu bali:

  • 7 buah cabai merah
  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 2 sentimeter jahe
  • 3 butir kemiri
  • 1/2 sendok teh terasi (goreng dan haluskan)

Ilustrasi ayam betutu, sajian khas Bali. SHUTTERSTOCK/Ariyani Tedjo Ilustrasi ayam betutu, sajian khas Bali.

Baca juga:

Cara membuat ayam betutu bali:

1. Bersihkan ayam potong menggunakan air mengalir, lalu beri garam dan diamkan sebentar. Setelah itu goreng daging ayam hingga setengah matang. Sisihkan.

2. Tumis bumbu halus di dalam wajan hingga harum, lalu masukkan lengkuas, daun salam, daun jeruk, tomat, dan kecap manis. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.