Kompas.com - 12/08/2022, 08:33 WIB

KOMPAS.com - Kapitan merupakan gelar yang tersemat pada nama Pattimura. Pahlawan Indonesia ini kemudian dikenal dengan nama Kapitan Pattimura.

Kapitan Pattimura dengan nama asli Thomas Matulessy adalah pahlawan kemerdekaan Indonesia yang lahir di Maluku.

Kepemimpinan Pattimura melawan Belanda saat perang Pattimura merupakan jejak perjuangannya terhadap Kemerdekaan Indonesia yang dikenang hingga saat ini.

Berkat jasanya, nama Pattimura kini disematkan pada beberapa tempat, seperti universitas, bandara, juga gambarnya pernah dijadikan gambar uang Rp 1.000 oleh Bank Indonesia.

Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti, tak ada salahnya untuk membuat makanan dari tanah kelahiran Pattimura di Maluku Utara.

Maluku Utara memiliki banyak makanan khas. Satu di antaranya adalah olahan ikan bernama gohu ikan.

Gohu ikan merupakan sajian ikan mentah asal Maluku Utara. Biasanya, gohu ikan dibuat menggunakan ikan cakalang atau ikan tuna.

Kali ini, kamu bisa menyimak resep gohu ikan menggunakan ikan tuna. Bahan yang perlu disiapkan hanya ikan tuna segar dan beberapa bumbu dan minyak panas.

Ikuti resep gohu ikan untuk empat porsi dari buku "Seri Masak Femina Media Primarasa, Indonesia Populer: Kalimantan, Maluku, dan Papua" (2018) oleh Tim Primarasa terbitan PT. GAYA FAVORIT PRESS.

Baca juga:

Resep gohu ikan

Bahan:

  • 250 gr filet ikan tuna segar
  • 2 sdm aiir jeruk lemon cui atau jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 50 gr daun kemangi
  • 10 buah cabai rawit, iris kasar
  • 10 butir bawang merah, iris-iris
  • 2 sdm kenari sangrai, tumbuk kasar
  • 5 sdm minyak goreng, panaskan 

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.