Kompas.com - 11/08/2022, 14:08 WIB

KOMPAS.com - Rumah makan dengan konsep bayar seikhlasnya dan gratis di Yogyakarta terus membuka cabang.

Rumah makan bernama Warung Ikhlas ini buka sejak tiga tahun lalu, tepatnya awal pandemi 2020. 

Arum salah satu relawan Warung Ikhlas menjelaskan konsep warung ini sebenarnya adalah duplikasi warung yang dimulai dari Guru Pembimbing asal Depok, Jawa Barat, Antono Basuki, untuk membantu warga terdampak pandemi.

"Siapapun yang digerakkan Allah mampir dan makan gratis. Kami layani dengan ikhlas," kata Arum, salah satu relawan warung Ikhlas, dikutip dari TribunSolo, Rabu (3/8/2022). 

Baca juga:

Konsep warung makan ini memang gratis. Namun, jika pengunjung ingin menyumbang untuk ikut berpatisipasi, bisa membayar makanan seikhlasnya.

Warung buka setiap hari Senin hingga Sabtu dan menyediakan puluhan porsi makanan.

Setiap hari Jumat ada Jumat berkah, warung ini bisa menyediakan hingga 200 porsi, dan semuanya digratiskan. Program Jumat berkah ini bekerjasama dengan Masjid Prayan Raya.

Antrean pengunjung Wwarung Ikhlas. Dok. Tribun Solo Antrean pengunjung Wwarung Ikhlas.

Selain makan gratis, warung ini juga menyediakan bekam gratis. Lalu, kajian rutin sebagai fasilitas syiar dakwah setiap Senin-Rabu.

"Jadi, ini strategi dakwah, kami membantu masyarakat terdampak dengan membuka warung ikhlas. Konsepnya kami mencontoh guru kami," kata dia.

Relawan Warung Ikhlas yang lain, Heri Marlopo menceritakan, awal pelaksanaan Warung Ikhlas adalah donasi dari jamaah pengajian.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.