Kompas.com - 10/08/2022, 12:17 WIB

KOMPAS.com - Di pasar atau supermarket, terkadang masih menjual nanas utuh. Sebelum mengolahnya menjadi aneka hidangan segar, kamu perlu memotongnya.

Sebagian orang mungkin pernah merasa kesulitan dalam mengupas kulit dan memotong nanas. Pada penjelasan ini, kamu bisa mengikuti cara mudah potong nanas.

Catat dan ikuti untuk membuat aneka olahana nanas. 

Baca juga:

1. Potong bagian atas dan bawah nanas

Dilansir dari laman Bonappetit, potong dulu bagian atas atau tangkai nanas dengan bagian paling bawahnya.

Kamu bisa menggunakan pisau dapur yang tajam untuk memotongnya. Pegang nanas dan potong. Pastikan kamu tidak memotongnya hingga ketengah agar dagingnya tidak ikut terbuat.

2. Kupas kulit nanas

Tegakkan nanas. Potong nanas dari atas, iris ke bawah hingga dalam kulit nanas. Ikuti lengkungan buah. Ikuti bentuk nanas, putar sesuai kebutuhan.

Hilangkan mata nanas, ambil pisau pengupas dan potong perlahan. Bintik hitam dan potong kulit yang tersisa.

Baca juga:

Ilustrasi nanas dipotong-potong, nantinya diolah menjadi selain untuk isian nastar. Nastar adalah kue kering khas Lebaran di Indonesia. SHUTTERSTOCK/CASANISA Ilustrasi nanas dipotong-potong, nantinya diolah menjadi selain untuk isian nastar. Nastar adalah kue kering khas Lebaran di Indonesia.

3. Potong nanas menjadi beberapa bagian

Kamu bisa memotong nanas dengan cara dipotong memanjang berbentuk persegi panjang. Kemudian potong kembali menjadi bentuk dadu.

4. Potong miring dan iris bulat

Ditambahkan dari laman The Kitchn, kamu juga bisa memotong miring nanas untuk menghilangkan mata. Arahkan dengan garis diagonal yang melengkus di sekitar nanas.

Gunakan pisau pengupas. Potong dengan sudut 45 derajat. Iris menjadi lingkarang dengan tebal 2 cm. Buang bagian atas dan potong bulat menjadi empat bagian.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.