Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Escargot, Olahan Siput Viral Asal Perancis?

Kompas.com - 29/07/2022, 19:28 WIB
Krisda Tiofani,
Silvita Agmasari

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Baru-baru ini, video mengenai escargot ramai diperbincangkan di media sosial. Sebenarnya, apa itu escargot?

Escargots berarti siput dalam bahasa Perancis. Persis artinya, escargot merupakan olahan siput lezat asal Perancis yang biasa disajikan sebagai makanan pembuka.

Dilansir dari Taste Atlas, daging siput untuk membuat escargot umumnya dikeluarkan terlebih dulu dari cangkang, lalu dimasak bersama mentega, bawang putih, serta kaldu ayam atau anggur.

Tekstur escargot mirip dengan kerang. Hanya saja, sedikit lebih kenyal, seperti dikutip Spoon University.

Escargot tidak berbau amis, malahan memiliki aroma harum yang digambarkan seperti harum campuran thyme dan juga peterseli.

Baca juga:

ilustrasi escargot, olahan siput asal Perancis. SHUTTERSTOCK/Foxytail ilustrasi escargot, olahan siput asal Perancis.

Meski daging siput sudah dikeluarkan dari cangkang, penyajian escargot biasanya dibarengi dengan cangkang yang sudah dicuci bersih.

Daging siput akan dimasukkan kembali ke dalam cangkang sebelum penyajian. Escargot juga biasanya dilengkapi dengan potongan baguette panggang.

Cara menyantap escargot tidak berbeda dengan makanan lain. Olahan siput ini bisa langsung dimakan menggunakan garpu atau penjepit khusus untuk mengeluarkan dagingnya dari cangkang.

Meski populer sebagai hidangan khas Perancis, escargot termasuk hidangan umum di banyak negara Eropa, seperti Spanyol dan Portugal.

Makanan ini jarang ditemui di restoran luar Eropa, seperti Amerika. Namun, beberapa restoran Perancis di negara tertentu biasanya menyajikan hidangan ini.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com