Kompas.com - 02/07/2022, 19:09 WIB

KOMPAS.com - Ayam goreng adalah makanan favorit di setiap rumah, banyak juga kreasi ayam goreng dengan bumbu saus pedas ala Korea atau saus keju.

Kamu bisa mencoba membuat ayam goreng saus buttermilk dengan mudah hanya lima langkah memasaknya.

Saus buttermilk sendiri terdiri dari campuran susu evaporasi, susu kental manis, dan mentega. Tambahkan daun salam agar masakan lebih beraroma dan semakin lezat.

Simak cara membuat ayam buttermilk yang creamy dan nikmat, dikutip dari laman Asianfoodnetwork.com, sajian nikmat untuk makan siang.

Baca juga:

Cara membuat ayam buttermilk:

1. Marinasi ayam

Siapkan mangkuk, campurkan potongan dadu ayam, setengah sedok makan garam, satu sendok makan lada putih, dan satu sendok makan cuka sampai merata.

Sisihkan sampai termarinasi selama satu jam. Setelah ayam termarinasi, pecahkan satu butir telur dan campuran pada ayam hingga merata.

2. Campurkan dengan tepung

Pada mangkuk terpisah, campurkan 30 gram tepung maizena dengan 27 gram tepung beras.

Masukkan potongan ayam ke dalam campuran tepung sampai terselimuti secara merata, dan kebaskan ayam untuk mengurangi tepung berlebih.

3. Goreng ayam

Siapkan panci dan panaskan minyak di atas api besar untuk menggoreng ayam. Goreng ayam selama tiga atau empat menit sampai semua bagian ayam berwarna coklat keemasan.

4. Lelehkan mentega, bawang putih, dan cabai rawit

Pada panci terpisah di atas api sedang agak besar, panaskan satu sendok makan mentega, bawang putih cincang, dan cabai rawit cincang, selama satu menit sampai harum.

5. Membuat saus buttermilk dan masak ayam

Sangrai daun salam sebelum memasukkan 250 mililiter susu evaporasi dan 60 ml susu kental manis, kemudian bumbui dengan garam serta merica sesuai selera.

Campurkan satu sendok makan tepung maizena dengan satu sendok makan air di mangkuk kecil, sebelum dituang ke panci. Campurkan hingga saus mengental.

Setelah ayam mengental, matikan api dan masukkan ayam goreng. Campurkan hingga ayam terselimuti saus pada semua bagian. Siapkan piring saji, dan sajikan selagi panas.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.