Kompas.com - 26/06/2022, 21:07 WIB

KOMPAS.com - Jepang punya beragam kuliner yang enak dan patut untuk dicoba, karena beberapa bahan makanan yang digunakan dijual di Indonesia.

Beberapa bahan makanan yang kerap digunakan seperti nasi, daging ayam, tepung roti, saus sambal, dan saus teriyaki.

Jika kamu termasuk pencinta kuliner khas Jepang, mungkin sudah tidak asing dengan istilah yang kerap digunakan untuk penamaan makanan khas Jepang.

Mengetahui lebih lanjut mengenai istilah makanan khas Jepang, Kompas.com langsung bertanya ke pemilik sekaligus pengelola gerai khas Osaka, Jepang, Momokino Yosuke Kino yang juga orang Jepang.

Baca juga:

1. Donburi

Donburi ialah istilah yang digunakan untuk penamaan makanan khas Jepang yang terdiri dari nasi dan aneka topping.

"Seperti rice bowl, apapun yang pakai nasi dan di bagian atasnya diberi topping, itu disebut donburi," kata Yosuke Kino saat ditemui di gerai Momokino cabang Mall Ciputra pada Senin (20/6/2022).

Menambahkan dari Live Japan, ada beberapa jenis donburi yang biasa ditemui di Jepang.

Beberapa jenis donburi yaitu gyudon (nasi dan topping irisan daging sapi), oyakodon (nasi dengan topping ayam dan telur), serta kaisendon (nasi dengan topping seafood segar).

2. Yaki

Istilah yaki sepertinya cukup familier bagi masyarakat Indonesia, karena menu yaki termasuk umum ditemukan di restoran maupun gerai makanan.

"Yaki itu makanan yang digoreng, dipanggang, dan dibakar," ujar Yosuke.

Beberapa makanan yang menggunakan istilah yaki seperti takoyaki, okonomiyaki, dan ikiyaki.

Baca juga: Resep Takoyaki, Kudapan Khas Jepang Berisi Potongan Gurita

3. Katsu

Katsu ialah makanan khas Jepang berlapis tepung yang dimasak dengan cara digoreng. Menu ini kerap ditemukan di banyak restoran, salah satunya yaitu ayam katsu.

Daging yang digunakan biasanya tanpa tulang, nantinya akan dibaluri dengan tepung roti dan digoreng menggunakan minyak panas hingga membentuk tekstur renyah.

4. Aburi

Istilah aburi kerap dikaitkan dengan sajian yang dibakar, salah satunya yaitu aburi salmon. Proses memasaknya melibatkan api yang membakar bagian kulit ikan pada bagian atas. 

Baca juga: Resep Chicken Katsu dengan Sausnya, Bisa Jadi Bekal Makan Siang

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.