Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Membuat Nasi Goreng Sempurna, Kuncinya Pakai Nasi Sisa Semalam

Kompas.com - 30/05/2022, 16:06 WIB
Nuril Laili Azizah,
Yuharrani Aisyah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nasi goreng merupakan masakan yang dapat memanfaatkan nasi sisa sebagai bahan utamanya. Pasalnya, nasi sisa memiliki tekstur lebih kering sehingga mudah untuk dimasak dan tidak lengket di wajan.

Selain itu, perlu diperhatikan alat yang digunakan saat memasak nasi goreng agar mempermudah proses membolak-balik nasi. Wajan serta minyak panas juga termasuk dalam tips penting untuk membuat nasi goreng enak.

Sebelum memasak nasi goreng simak tips membuat nasi goreng sempurna berikut ini, dilansir dari Seriouseats.com.

Baca juga:

1. Gunakan nasi yang tepat

Kunci kelezatan nasi goreng yang sempurna ada pada tekstur nasi, bagian luar sedikit kenyal dan gigitannya lembut. Butiran nasi terpisah tetapi masih cukup lengket sehingga dapat diambil menggunakan sumpit atau sendok.

Nasi yang disimpan semalaman atau sekitar dua belas jam paling ideal untuk diolah menjadi nasi goreng. Selain itu, simak tips menyimpan nasi yang tepat untuk nasi goreng berikut:

  • Diamkan nasi matang sebentar

Nasi yang sudah matang didiamkan sebentar sekitar satu jam di atas piring atau nampan, tidak perlu ditutup rapat agar terkena angin atau taruh di sekitar kipas angin. Setelah agak kering, nasi siap dimasak.

  • Nasi baru dimasak:

Taruhlah nasi di atas piring atau nampan saat masih panas agar kelembapan permukaannya menguap, kemudian masak nasinya.

  • Nasi umur sehari:

Nasi umur sehari cenderung menggumpal, jadi kamu perlu memisahkannya menggunakan tangan sebelum dimasak. Tekstur nasi sudah cukup kering makan jangan menumisnya terlalu lama agar tidak tambah keras.

2. Masak nasi goreng pakai wajan

Gunakanlah wajan cekung atau wok untuk memasak nasi goreng karena wajan masih unggul sebagai alat menumis dibandingkan teflon atau kuali.

Apabila memakai wajan dapat membuat gerakan membolak-balik nasi menjadi lebih mudah.

Selain itu, wajan dapat bekerja dengan baik di atas kompor gas, ketika nyala api naik akan memanaskan sisi wajan serta alasnya.

Sementara itu, gunakan wajan datar antilengketdan yang terbuat dari besi cor jika kamu memasak pakai kompor dengan induksi atau koil pemanas.

Ilustrasi nasi goreng basmatiPEXELS/RODNAE PRODUCTIONS Ilustrasi nasi goreng basmati

3. Tunggu sampai wajan panas

Kesalahan dalam membuat nasi goreng adalah wajan dan minyak belum cukup panas untuk digunakan tetapi bahan sudah dimasukkan.

Tunggu sampai wajan benar-benar panas. Kemudian masukkan nasi sekitar satu mangkuk sekaligus ke dalam wajan, aduk dan campur rata sampai terlapisi minyak.

Proses memasak nasi hingga coklat keemasan akan memakan waktu sedikit lebih lama, jadi terus aduk sampai matang.

4. Tambahkan berbagai bahan agar nasi goreng enak

Penambahan rasa adalah hal penting pada nasi goreng. Beberapa bahan tersebut yaitu bawang bombai, bawang putih, wortel, dan daun bawang.

Selain itu, kamu dapat menambahkan protein hewani seperti ayam, daging, atau udang matang.

Protein hewani tersebut bisa juga dimasak sebentar di dalam wajan sebelum menambahkan bahan aromatik seperti bawang. Kemudian setelah daging setengah matang, masukkan nasi dan aduk rata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com