Kompas.com - 28/05/2022, 19:04 WIB

KOMPAS.com - Menu kreasi terong kali ini adalah terong bumbu bulgogi ala Korea, makanan yang yang cocok bagi vegetarian.

Terong digoreng atau diasinkan akan membuat teksturnya kenyal dan aromanya hampir seperti daging. Hidangan ini cocok dimakan dengan nasi hangat.

Cara memasak terong bulgogi cukup mudah diikuti, selain itu bahan juga tidak sulit ditemukan. Simak resep terong bulgogi ala Korea yang dikutip dari Bonappetit.com.

Baca juga:

Resep terong bulgogi ala Korea

Bahan terong bulgogi

  • 1 buah bawang bombai ukuran sedang, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 1 buah daun bawang, cincang
  • 59 ml sirup beras coklat atau 2 sdm gula
  • 1 sdm kecap asin
  • 2 sdm gochugaru (bubuk cabai kasar)
  • 1 sdt minyak wijen
  • 1 sdm ditambah 1/2 sdt garam
  • 500 gram terong (sebaiknya terong korea)
  • 1 sdm minyak sayur
  • 1 sdt minyak wijen

Cara membuat terong bulgogi ala Korea

1. Campurkan bawang bombai, bawang putih, daun bawang, sirup beras atau gula, kecap asin, gochugaru, minyak wijen, dan 1/2 sendok teh garam ke dalam mangkuk sedang. Campur hingga rata.

2. Potong terong korek api atau potong memanjang sesuai selera.

3. Masukkan terong ke dalam mangkuk besar dan tambahkan satu sendok makan garam. Aduk rata dengan tangan sampai tercampur rata dan asin. Diamkan, aduk setiap lima menit selama dua puluh menit.

4. Tiriskan terong, buang sisa cairan. Ambil segenggam terong dan peras dengan kuat untuk menghilangkan cairan. Masukkan terong ke dalam mangkuk campuran bumbu, aduk rata. Tutup dan dinginkan selama tiga puluh menit.

5. Panaskan minyak dalam wajan besar di atas api agak besar. Masukkan terong yang sudah diasinkan ke dalam wajan secara rata, diamkan beberapa saat sampai bagian bawah berubah warna.

Balik dengan spatula, masak sampai sisi lainnya agak kecoklatan selama dua sampai tiga menit. Kecilkan api menjadi sedang, bolak-balik terong sampai matang dan bumbu meresap selama lima dan enam menit.

6. Pindahkan ke piring, taburi biji wijen. Sajikan langsung atau saat dingin.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Bonappetit
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.