Kompas.com - 27/05/2022, 21:03 WIB

KOMPAS.com - Berbeda dari kerupuk rambak yang biasanya terbuat dari kulit sapi atau kulit kerbau, kali ini kamu bisa membuat kerupuk rambak menggunakan tapioka.

Bahan untuk membuat kerupuk rambak ini terbilang murah karena tidak menggunakan kulit sapi. Kamu hanya membutuhkan tapioka, terigu, dan beberapa bumbu.

Selengkapnya, simak resep kerupuk rambak tapioka dari buku "Sukses Menjadi Pengusaha Kerupuk" (2021) oleh Samsul Aripin terbitan Multi Kreasi Satudelapan berikut ini. 

Baca juga:

Resep kerupuk rambak tapioka

Bahan:

  • 1 kg tapioka
  • 250 gr terigu
  • 25 gr bawang putih
  • 5 gr garam
  • 25 gr gula pasir
  • Terasi secukupnya

Cara membuat kerupuk rambak tapioka:

1. Haluskan bawang putih, garam, gula pasir, dan terasi. Tumis hingga cukup matang.

2. Campur tapioka dan terigu hingga merata. Sisihkan seperempat bagiannya.

3. Campur bumbu yang sudah digiling dengan tapioka dan terigu sedikit demi sedikit agar tidak menggumpal. Pastikan adonan tercampur merata.

4. Masukkan adonan kerupuk rambak tapioka ke dalam loyang dengan ketebalan kurang lebih satu sentimeter, kukus hingga matang kira-kira selama 25 menit.

5. Setelah adonan matang, biarkan sampai dingin atau diamkan di dekat kipas agar cepat dingin.

6. Jemur sampai agak kaku, potong memanjang menggunakan pisau.

7. Jemur kembali di bawah sinar matahari sampai kering, kira-kira selama tiiga sampai empat hari. Kerupuk siap digoreng dan sajikan.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.