Kompas.com - 27/05/2022, 15:03 WIB

KOMPAS.com - Siomay merupakan salah satu jajanan kaki lima yang kerap kita temui di pasaran.

Tekstur kenyal isian siomay dengan siraman kuah kacang yang nikmat tak jarang membuat jajanan ini disukai hampir semua kalangan. 

Saat ini ada banyak variasi siomay, beberapa di antaranya ada ayam, ikan, dan daging sapi.

Salah satu usaha siomay di Jakarta, Chipsy, mengolah daging ikan tenggiri sebagai bahan utama siomay.

Melihat kualitas siomay ikan tenggiri yang dihasilkan, membuat usaha ini bahkan mendapat penghargaan dari Presiden Joko Widodo serta Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia 2014 Susi Pudjiastuti sebagai UMKM terbaik seluruh Indonesia.

Saat ditemui oleh Kompas.com di acara pameran ICA Expo di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pemilik sekaligus pengelola usaha Chipsy memberikan dua tips mengolah ikan tenggiri untuk isian siomay yang berkualitas.

Baca juga:

1. Pilih ikan segar

Dewi Isabella selaku pemilik dan pengelola usaha Chipsy mengatakan bahwa ikan tenggiri yang digunakan untuk isian siomay merupakan ikan segar yang langsung didatangkan oleh pemasok dari nelayan.

"Ikan yang datang ke kita itu dari kapal (nelayan), dan masih segar," kata Dewi saat ditemui oleh Kompas.com pada Jumat (20/5/2022).

Ia mengatakan tidak semua ikan tenggiri yang datang dari pemasok langsung diambil, tetapi harus dipilih secara selektif terlebih dahulu.

"Kualitas bahan bakunya harus jelas, kalau ikannya tidak bagus, siomaynya enggak jadi," katanya.

Baca juga:

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.