Kompas.com - 25/05/2022, 19:08 WIB

KOMPAS.com - Ada dua jenis makanan yang kerap ditemui dalam kehidupan sehari-hari, yakni makanan berkuah dan makanan tidak berkuah atau makanan kering. 

Cara tata makanan berkuah berbeda dengan makanan kering, hal ini tergantung pada jenis piring yang digunakan, warna makanan, serta kuantitas makanan di dalam piring.

Pada acara Workshop "Western Cuisine Platting Technique" ICE Expo di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Chef sekaligus Food Consultan Tan Leonadi Ali memberikan dua tips tata makanan berkuah dan kering.

Baca juga:

1. Perhatikan bentuk dan konsistensi makanan

Ada beragam jenis makanan berkuah, seperti soto dengan konsistensi kuah yang encer, dan gulai atau opor dengan konsistensi padat.

Chef Tan Ali mengatakan, khusus untuk makanan berkuah, sebaiknya menggunakan piring dengan pinggiran yang tinggi.

"Untuk colour plating, nanti dia lebih fokus ke tengah, karena makanan berkumpul di sana," kata Tan Ali pada Jumat (20/5/2022).

Khusus untuk makanan berkuah, sebaiknya kuantitas kuah yang digunakan seimbang dengan isian makanan supaya kuah tidak menutupi hidangan utama.

"Kuah itu bukan hanya untuk membuat tampilan makanan menjadi cantik saat presentasi. Namun, harus pas saat dinikmati bersama isiannya" katanya. 

Sementara untuk hidangan dengan bentuk padat dan kering, bisa menggunakan piring dengan permukaan datar. 

Sebab makanan kering tidak memerlukan tempat khusus untuk menampung kuah.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.