Kompas.com - 23/05/2022, 09:31 WIB

KOMPAS.com - Cara menghaluskan bumbu masakan berbeda-beda. Ada yang diulek dan diblender.

Menurut Corporate Executive Chef Holywings Don Chino, kedua cara menghaluskan bumbu tersebut sama saja. Namun, menyampurkan minyak atau air pada bumbulah yang membuat keduanya berbeda.

Don Chino menyampaikan, bumbu yang dihaluskan dengan minyak terasa lebih sedap daripada bumbu dengan campuran air.

"Flavor dari bumbu itu lebih bagus kalau kita blender pakai minyak. Minyak akan menyerap aroma, ketimbang air yang ketika dipanaskan, dia menguap dan hilang," jelas Don Chino saat ditemui Kompas.com dalam Chef Expo 2022, Jumat (20/5/2022).

"Jadi intinya, minyak itu bisa menjaga aroma bumbu stay di dalam minyak," tambahnya.

Menghaluskan bumbu dengan minyak juga dinilai lebih praktis. Pasalnya, bumbu bisa langsung ditumis tanpa memerlukan tambahan minyak.

Baca juga:

Ilustrasi bumbu dapur. PIXABAY/MTOMMARTIN Ilustrasi bumbu dapur.

Apabila saat menghaluskan bumbu sudah menggunakan minyak, kamu tak perlu menambahkan minyak saat menumis bumbu.

Don Chino menilai bahwa minyak tidak akan membuat bumbu halus menjadi kering, seperti yang terjadi bila memakai air untuk menghaluskan bumbu.

"Misalnya ada satu liter minyak, kita panaskan. Mau sepanas apa pun, tetap satu liter. Mungkin berkurang sedikit aja. Beda kalau pakai air, pas kita panaskan malah kering," jelasnya.

Jika sudah menggunakan minyak untuk menghaluskan bumbu, sebaiknya masak bumbu dengan api kecil agar aroma yang dipertahankan tidak menghilang.

Baca juga:

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.