Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan Simpan Bumbu Dapur, Bikin Cepat Busuk dan Aromanya Pudar

Kompas.com - 05/04/2022, 12:12 WIB
Lea Lyliana

Penulis

KOMPAS.com - Bumbu dapur memiliki masa simpan yang berbeda, tergantung jenisnya. Meski begitu bumbu ini perlu disimpan dengan baik agar tidak busuk, basi, atau aromanya berubah. 

Ada beberapa kesalahan yang umum dilakukan ketika menyimpan bumbu dapur.  Jika ingin bumbu tahan lama, maka kamu perlu menghindari xxx kesalahan ini.

Baca juga:

1. Mencampur bumbu kering dan basah 

Ada dua macam bumbu dapur yang umum digunakan untuk memasak, yaitu bumbu kering dan basah. 

Bumbu basah umumnya terdiri dari jahe, bawang putih, kunyit, bawang merah, dan lainnya. Sementara, bumbu seperti merica, kayu manis, pala, kapulaga termasuk bumbu kering. 

Dikutip dari "Aneka Tip Seputar Dapur" (2017) oleh Srikandi Waluyo dan A. Rahartati Bambang Haryo terbitan Elex Media Komputindo kedua bumbu tersebut tidak boleh disimpan di tempat atau wadah yang sama. 

Misalnya saja dengan memisahkan bumbu beraroma tajam seperti aneka bawang dan bumbu manis seperti kayu manis.

Ilustrasi menyimpan bumbu dapur di stoples, lalu diletakkan di lemari dapur. PEXELS/ Monicore Ilustrasi menyimpan bumbu dapur di stoples, lalu diletakkan di lemari dapur.

Hal ini dilakukan supaya bau masing-masing bumbu tidak bercampur dan membuatnya kurang sedap. Selain itu, penyimpanan di satu tempat dapat membuat bumbu cepat basi atau busuk. 

Baca juga:

2. Simpan di area yang terpapar sinar matahari 

Salah satu kesalahan menyimpan bumbu dapur yang umum dilakukan yakni meletakkan di area panas atau kena sinar matahari. Padahal hal tersebut dapat membuat rasa dan warna bumbu dapur berubah. 

Baca juga:

3. Area penyimpanan tidak dibersihkan

Untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, penting untuk mempertimbangkan menyimpan bumbu-bumbu masakan tersebut di dalam wadah-wadah yang tersusun rapi.UNSPLASH/HEATHER MCKEAN Untuk menciptakan dapur kecil tapi rapi, penting untuk mempertimbangkan menyimpan bumbu-bumbu masakan tersebut di dalam wadah-wadah yang tersusun rapi.

Dilansir dari "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher, tempat atau area yang dipakai untuk menyimpan bumbu dapur harus sering dicek dan dibersihkan.

Cara ini dilakukan untuk menghilangkan risidu yang menempel pada bumbu. Sebab residu tersebut dapat mengurangi bau asli bumbu dapur serta membuatnya cepat busuk. 

Baca juga:

4. Membeli bumbu terlalu banyak

Beberapa orang kerap membeli bumbu kering dalam jumlah banyak karena dirasa tahan lama. Padahal cara ini tidak dianjurkan sebab aroma bumbu kering mudah memudar. 

Oleh karena itu, belilah bumbu kering secukupnya supaya tidak terbuang dan bisa dipakai seluruhnya. 

Baca juga: 4 Cara Simpan Bawang Bombay agar Awet, Tidak Mudah Berlendir

Buku "Aneka Tip Seputar Dapur" (2017) oleh Srikandi Waluyo dan A. Rahartati Bambang Haryo terbitan Elex Media Komputindo dan "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" (2020) oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher dapat dibeli online di Gramedia.com

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com