Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Bikin Ayam Lodho Kuah Gurih dan Bumbu Meresap

Kompas.com - 26/03/2022, 13:17 WIB
Alma Erin Mentari

Penulis

KOMPAS.com - Ayam lodho merupakan olahan ayam yang terkenal di Trenggalek dan Tulungagung. Sajian ayam ini dihidangkan dengan kuah santan yang gurih dan legit.

Cara membuat ayam lodho untuk sajian di rumah cukup mudah. Kamu perlu memerhatikan beberapa hal agar cita rasanya maksimal.

Dilansir dari buku “27 Set Menu Lengkap Hits Di Instagram Untuk Hari Istimewa & Sehari-Hari” (2021) oleh Lilik Indrayani @lilik_indrayani_81 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. Simak cara membuat ayam lodho berikut ini.

Ilustrasi ayam lodho khas Trenggalek untuk menu makan spesial di rumah.DOK.SHUTTERSTOCK/YSL_creative Ilustrasi ayam lodho khas Trenggalek untuk menu makan spesial di rumah.

1. Lumuri ayam dengan jeruk nipis

Jenis ayam yang biasa digunakan untuk membuat ayam lodho adalah ayam kampung. Kamu perlu melumuri ayam dengan jeruk nipis.

Namun setelah melumuri ayam dengan jeruk nipis, pastikan kamu membersihkannya hingga bersih. Hal tersebut agar rasa asam dari jeruk nipis tidak merusak cita rasa kuah lodho.

Baca juga: Resep Ayam Lodho Khas Tulungagung, Ayam Bakar Kuah Santan Pedas

2. Bakar ayam dengan batok kelapa

Cara membuat ayam lodho agar memiliki cita rasa yang otentik khas masakan Jawa adalah dengan membakar ayam menggunakan batok kelapa dan arang.

Baca juga: Resep Ayam Panggang Saus Kacang ala Thailand, Masak Ayam Minim Minyak

3. Ulek bumbu lodho

Bumbu lodho khas Trenggalek biasanya terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, dan cabai. Semua bumbu bisa diulek atau dicincang dengan chopper.

Baca juga: Resep Ayam Bakar Wong Solo, Ungkep Dulu dengan Air Kelapa

4. Gunakan santan kental

Cara membuat ayam lodho khas Trenggalek yang selanjutnya adalah gunakan santan kental sebagai kuah ayam lodho. Hal tersebut agar kuah lebih memiliki rasa gurih dan legit.

Baca juga: Resep Ayam Panggang Madu yang Mengilap, Masak Pakai Oven

Buku “27 Set Menu Lengkap Hits Di Instagram Untuk Hari Istimewa & Sehari-Hari” (2021) oleh Lilik Indrayani @lilik_indrayani_81 terbitan PT Gramedia Pustaka Utama bisa dibeli di Gramedia.com.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com