Kompas.com - 18/03/2022, 15:07 WIB
Penulis Lea Lyliana
|

KOMPAS.com - Adonan martabak manis terbuat dari tepung terigu, telur, dan pengembang. Kemudian, ada pula susu cair dan air untuk melarutkan atau mengencerkannya. 

Saat membuat martabak manis di rumah terkadang masih ada yang sisa.

Alih-alih membuangnya adonan martabak manis ini dapat disimpan untuk digunakan esok hari. Namun tak semua adonan bisa disimpan.

Baca juga:

Chef Lucky P. Nugraha dari The Jayakarta Suites Bandung mengatakan bahwa hanya adonan martabak manis dengan pengembang baking powder saja yang bisa disimpan.

"Kalau pakai baking soda sama baking powder itu adonannya bisa disimpan untuk besok," ujar Lucky kepada Kompas.com, Rabu (16/03/2022).

Lantas, bagaimana dengan adonan martabak yang menggunakan ragi?

Ilustrasi membuat adonan dengan mixerFREEPIK.COM Ilustrasi membuat adonan dengan mixer

Lucky menjelaskan bahwa adonan martabak yang memakai ragi kurang tahan lama. Jika disimpan terlalu lama adonan dapat berubah rasa menjadi asam. 

Di samping itu martabak pun akan mengelami perubahan tekstur setelah dimasak. 

"Kalau pakai ragi dia cepat aktifnya. Tapi ya itu kalau misal enggak langsung habis jadi kebuang karena tidak tahan lama. Jadi asam nanti," jelas Lucky.  

Baca juga:

Oleh karenanya, Lucky menganjurkan untuk membuat martabak rumahan memakai baking powder dan baking soda saja. Jadi, jika tidak habis adonan bisa digunakan esok hari.

"Kalau di rumahan nih, adonan enggak langsung habis simpan buat besok saja. Tapi pakainya mending baking powder dan baking soda saja," pungkasnya.

Guna menjaga ketahanannya adonan martabak dapat disimpan di kulkas. Lalu, sebelum digunakan bisa didiamkan terlebih dulu di suhu ruangan selama beberapa saat. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Foodplace (@my.foodplace)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.